Peran Pengawas dalam Mengoptimalkan Kualitas Mutu Pendidikan di SDN Margasari 2
Abstrak
Pengawas merupakan salah satu pengembang pendidikan yang bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Penelitian ini membahas peranan pengawas pendidikan dalam mengoptimalkan mutu pendidikan di SDN Margasari 2 di Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti mencari informasi melalui pengawas sekolah satuan pendidikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, kami mendapatkan hasil bahwa : Pengawas sekolah yang di Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang telah berjalan dengan baik yaitu dengan; 1) Membantu guru dalam mengatasi masalah yang dihadapi dalam mengajar siswa, memantau penjaminan dan standar mutu pendidikan, memantau penerimaan siswa baru, memantau proses dan hasil belajar siswa, memantau pelaksanaan ujian dan lain-lain. 2) Pengawas Sekolah di Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang telah mempunyai program teratur setiap bulannya. 3) Faktor pendukung pengawas pendidikan yang diantaranya adalah dengan dukungan dari pihak sekolah, pelatihan, keterlibatan masyarakat, dan semangat dalam diri pengawas pendidikan. 4) Faktor penghambat pengawas pendidikan di Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang adalah rendahnya motivasi guru untuk disupervisi, guru menganggap supervisi tidak perlu dilakukan karena merasa sudah memiliki kemampuan, kurangnya supervisi yang dilakukan oleh pengawas Diknas (pendidikan nasional), keterbatasan waktu kepala sekolah untuk mensupervisi guru, Kurangnya partisipasi guru dalam membantu kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik.
Referensi
Akhmad, F. P., & Azzam, F. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. Parameter, 7(1), 26-40.
Arifin, Z., & Suhandi, A. (2018). IMPLEMENTASI PENYUSUNAN RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH (RAPBS)(STUDI KASUS DI SMK KARYA BANGSA NUSANTARA SOLEAR TANGERANG). Jurnal Administrasi Pendidikan Vol. XXV No, 1.
Badani, B., Mustafa, MN, & AR, HF (2020). Peranan Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SDN Di Kecamatan Rumbio Jaya. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif , 4 (1), 19-26.
BIMA, Q. O. S. S. I. PERAN PENGAWAS PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SMP DI KABUPATEN BIMA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT.
Jayadipura, Y. (2018). IN HOUSE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP, VOL II. JURNAL IDAARAH
Nasihi, A., & Hapsari, T. A. R. (2022). Monitoring dan evaluasi kebijakan pendidikan. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 1(1), 77-88.
Nuraini, N. (2019). Peranan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sma/Smk Negeri Di Kota Bengkulu. Annizom, 4(2).
Partiningsih, P. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Profesionalisme Guru di MAN 2 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Rusiana, R., & Irawanto, I. (2019). Peranan Pengawas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas. Administraus, 3(3), 27-56.
Saharudin, S., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi pendidikan. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 490-497.
Setyawati, P., Erawan, E., & Zulfiani, D. (2020). PERAN PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 002 KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Shaifudin, A. (2020). Supervisi pendidikan. El Wahdah, 1(2), 37-54
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##