PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMPN 3 CIBITUNG

  • Muthia Maharani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Elfina Nurrochmah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rizky Rijalallah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nabilah Nur Atikah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Leadership, quality, education

Abstrak

Peran kepala sekolah sebagai pemimpin sangat menentukan tercapainya kualitas pendidikan yang optimal. Karena kepala sekolah merupakan seorang pejabat yang profesional dalam organisasi sekolah yang bertugas mengatur semua sumber organisasi dan bekerjasama dengan guru-guru dalam mendidik siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 3 Cibitung, dengan fokus pada tantangan seperti keterbatasan sarana prasarana, rendahnya dukungan orang tua, dan pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil Penelitian ini menunjukan kepemimpinan pendidikan berperan dalam mengoptimalkan kualitas pendidikan. Sekolah telah berkomitmen untuk mengoptimalkan kualitas pendidikan melalui berbagai upaya, termasuk pengembangan kurikulum yang inovatif, pengembangan program profesional untuk guru, evaluasi kinerja yang sistematis, serta kerjasama dengan berbagai pihak. Meskipun menghadapi tantangan dalam hal latar belakang pendidikan orang tua, sekolah berusaha keras untuk mengatasi hambatan tersebut dan terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana demi mendukung proses belajar mengajar yang lebih baik.

Referensi

Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian

Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734 Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam

Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467

Wati, D. P., Wahyuni, N., Fatayan, A., & Bachrudin, A. A. (2022). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7970–7977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3684

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian

Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734 Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam

Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467

Wati, D. P., Wahyuni, N., Fatayan, A., & Bachrudin, A. A. (2022). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7970–7977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3684

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles