ash Pengembangan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru

  • Asep Saepul Hidayat Universitas Galuh
  • Dian Nuvrita Malasari Universitas Galuh
  • Yuyun Soneangsih Universitas Galuh
  • Cicih Suartika Universitas Galuh
Kata Kunci: Manajerial kepala sekolah, Kompetensi Sosial, Pengembangan Manajerial.

Abstrak

Pengembangan manajerial merupakan suatu konsekuensi jabatan kepala sekolah sebagai manajer, begitu pula kompetensi sosial guru merupakan konsekuensi guru sebagai pendidik. Karena itu dalam ruang likup dilingkungan sekolah, pengembangan manajerial kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi sosial guru, merupakan permasalahan yang urgensinya sangat tinggi.

Proses pengembangan manajerial kepala sekolahd alam peningkatan kompetensi sosial guru yang ditunjukkan menunjang peningkatan mutu lulusan, dapat dilakukan melalui strategi : fokus pengembangan pada sasaran kebutuhan kapasitas sosial  guru, pengembangan strategi, teknis dan pendekatan khusus, pengembangan efektifitas dan produktivitas manajerial kepala sekolah yang efektif, inovatif dan produktif sesuai tujuan. Aapun indikator keberhasilannya memilikiketergantungan terhadap kualitas efesiensi, efektifitas, produktivitas dan relevansi manajerial kepala sekolah.

Kata Kunci : Manajerial kepala sekolah, Kompetensi Sosial Guru, Pengembangan Manajerial.

Referensi

Barlow, Daniel Lenox, (1985), Educational Psychology: The Teaching-Learning. Process, Chicago: The Moody Bible Institute.

Bernadin and Rusell (1993). Human Resources Management an Experiental Approach. Mac Graw Hill. Book CO. Singapore.

Danim, Sudarwan. (2002). Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga kependidikan. Bandung, Pustaka setia.

Djam’an Satori dan A. Komariah, (2009). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung. Alfa Beta. G.A. Ticoalu, (1992) . Dasar-dasar Manajemen. PT. Bumi Aksara, Jakarta

Lexy J. Moleong. (2004). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. PT.Remaja Rosdakarya , Bandung.

Lipham, James M. (1985). The Principal Concepts, Competencies, and Cases. New. York: Longman Inc.

Malayu, H. S.P.Hasibuan, (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bina Aksara. Jakarata.

Mcleod Raymond, (2004), Sistem Informasi Manajemen, jilid 1. PT. Prenhallindo, Jakarta.

McLeod, J. & Cropley, A. (1989). Fostering Academic Excellence. Oxford, New. York.

Muhibbin Syah.2010.Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Panglaykim, S dan Tanzil Hazil, (1986). Manajemen Suatu Pengantar, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Robbin, Stephen P. (1995). Teori Organisasi (Terjemahan Yusup Udayana) Jakarta cam.

Sagala Syaeful, (2000), Administrasi Kontemporer, Alfabeta, Bandung.

Sarwoto, (1996). Dasar-Dasar Organisasi Manajemen, Penerbit : Ghalia Indonesia.

Siagian, Sondang P, (2004), Prinsip-prisip Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid I, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Terry. George T dan Stephen G. Franklin (1982). Principles of Management. Illinois Rhicard D Irwin.

Diterbitkan
2024-06-04
Bagian
Articles