IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-MUSHLIH KARAWANG
Abstrak
Pendidikan modern hadir karena model pendidikan pesantren yang lama atau tradisional pada masa lalu sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan saat ini. Dengan modernisasi tersebut diharapkan pesantren yang ada dapat beradaptasi dengan kondisi saat ini. Modernisasi pesantren memberikan respon yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus atau penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Dengan banyaknya pesantren yang ada saat ini dengan variasi yang berbeda-beda maka disebut dengan pesantren modern. Permasalahan kurikulum menjadi topik perbincangan yang menarik perhatian khususnya dalam dunia pesantren. Salah satu pesantren modern adalah Pondok Pesantren Al Mushlih di Telukjambe, Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Al Mushlih. Keberadaan Pondok Pesantren Al Mushlih yang berlatar belakang Sekolah Menengah Pertama (SMP) kini telah menjadi Pondok Pesantren yang modern dan seperti diatas menarik untuk diteliti agar nantinya dapat diperoleh informasi mengenai kurikulum pendidikan agama Islam. dilakukan di pesantren.
Referensi
Amirudin, J., & Rohimah, E. (2020). Implementasi kurikulum pesantren salafi dan pesantren
modern dalam meningkatkan kemampuan santri membaca dan memahami Kitab Kuning.
Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 268-282.
Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1),
-34
Elman, M. (2020). Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah.
Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 117-130.
Elmainetty, H. (2023). Implementasi Pendidikan Implementasi Pendidikan Akal dalam Kurikulum
Pendidikan Agama Islam Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,
(20), 292-300.
Ilyas, A. R. (2022). Perencanaan Kurikulum Pesantrendi Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang.
Latipah, N. (2019). Peran Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri Di Pondok
Pesantren Nurrohman Al-Burhany Purwakarta. Comm-Edu (Community Education Journal),
(3), 193-201.
Muzaini, M. C., & Salamah, U. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu
Pendidikan Islam, 9(1), 82-99.
Nisa, D. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren Salaf Modern, Studi Analisis Pondok
Pesantren Darul Qalam Ngaliyan Semarang. (Skripsi, Sarjana Universitas Islam Negeri
Walisongo). Diakses dari: eprints.walisongo.ac.id
Nurdiansyah, F, M & Kholidya, C, F. (2022). Implementasi kurikulum pondok pesantren assholach kejeron
pasuruan. Jurnal mahasiswa pendidikan teknologi, Universitas Negeri Surabaya. 35
Nurhayati, U., & Nu’man, M. (2022). Komponen materi pembelajaran pendidikan agama islam
dan orientasinya pada madrasah ibtidaiyah. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 167184.
Prayoga, A., Irawan, I., & Rusdiana, A. (2020). Karakteristik program kurikulum pondok
pesantren. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(1), 77-86.
Rozaidin, M., & Adinugraha, H. H. (2020). Penerapan Akuntansi Pondok Pesantren (Studi pada
Koperasi Pondok Pesantren Al Hasyimi Kabupaten Pekalongan). Ekonomika syariah: Journal
of Economic Studies, 4(2), 123-135.
Salim, M., & Suratman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Masyarakat
Di Kutai Lama. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(03), 117-125.
Saputra, M dkk (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences Di
Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35-42.
Slamet, S., Hana, M. Y., & Suratman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam
berbasis Pendidikan Karakter di Mts Al Mujahidin. Jurnal Sanskara Pendidikan dan
Pengajaran, 1(3)
Sukirman, D., & Nugraha, A. (2016). Hakikat Kurikulum. Kurikulum dan bahan belajar TK
(PGTK2403/M). Jakarta: Universitas Terbuka.Pengajaran, 1(03), 93-101.
Supriatna, A., Supandi, S., & Nurhaolah, N. (2023). Upaya kemampuan peningkatan pembelajaran
kitab jurumiyah dengan metode active learning 36 di pesantren al muslih telukjambe timur
karawang. Jurnal Primary Edu, 1(2), 170-183.
Zainuri, A dkk (2022). Kurikulum Pendidikan Muadalah Ula Di Pondok Pesantren Darunnur
Almusthafa Palembang. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 215226.
Zakiyah, Z. (2021). Implementasi pendidikan agama islam di smp islam terpadu di kalangan nu. Penamas,
(1), 143-160.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##