IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-MUSHLIH KARAWANG

  • Yadi Fahmi Arifudin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ahmad Karhali Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Uma Gibran Nita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Syarifah Husna Nabila Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Modern

Abstrak

Pendidikan modern hadir karena model pendidikan pesantren yang lama atau tradisional pada masa lalu sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan saat ini. Dengan modernisasi tersebut diharapkan pesantren yang ada dapat beradaptasi dengan kondisi saat ini. Modernisasi pesantren memberikan respon yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus atau penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Dengan banyaknya pesantren yang ada saat ini dengan variasi yang berbeda-beda maka disebut dengan pesantren modern. Permasalahan kurikulum menjadi topik perbincangan yang menarik perhatian khususnya dalam dunia pesantren. Salah satu pesantren modern adalah Pondok Pesantren Al Mushlih di Telukjambe, Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Al Mushlih. Keberadaan Pondok Pesantren Al Mushlih yang berlatar belakang Sekolah Menengah Pertama (SMP) kini telah menjadi Pondok Pesantren yang modern dan seperti diatas menarik untuk diteliti agar nantinya dapat diperoleh informasi mengenai kurikulum pendidikan agama Islam. dilakukan di pesantren.

Referensi

Amirudin, J., & Rohimah, E. (2020). Implementasi kurikulum pesantren salafi dan pesantren

modern dalam meningkatkan kemampuan santri membaca dan memahami Kitab Kuning.

Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 268-282.

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1),

-34

Elman, M. (2020). Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah.

Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 117-130.

Elmainetty, H. (2023). Implementasi Pendidikan Implementasi Pendidikan Akal dalam Kurikulum

Pendidikan Agama Islam Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,

(20), 292-300.

Ilyas, A. R. (2022). Perencanaan Kurikulum Pesantrendi Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang.

Latipah, N. (2019). Peran Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri Di Pondok

Pesantren Nurrohman Al-Burhany Purwakarta. Comm-Edu (Community Education Journal),

(3), 193-201.

Muzaini, M. C., & Salamah, U. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu

Pendidikan Islam, 9(1), 82-99.

Nisa, D. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren Salaf Modern, Studi Analisis Pondok

Pesantren Darul Qalam Ngaliyan Semarang. (Skripsi, Sarjana Universitas Islam Negeri

Walisongo). Diakses dari: eprints.walisongo.ac.id

Nurdiansyah, F, M & Kholidya, C, F. (2022). Implementasi kurikulum pondok pesantren assholach kejeron

pasuruan. Jurnal mahasiswa pendidikan teknologi, Universitas Negeri Surabaya. 35

Nurhayati, U., & Nu’man, M. (2022). Komponen materi pembelajaran pendidikan agama islam

dan orientasinya pada madrasah ibtidaiyah. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 167184.

Prayoga, A., Irawan, I., & Rusdiana, A. (2020). Karakteristik program kurikulum pondok

pesantren. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(1), 77-86.

Rozaidin, M., & Adinugraha, H. H. (2020). Penerapan Akuntansi Pondok Pesantren (Studi pada

Koperasi Pondok Pesantren Al Hasyimi Kabupaten Pekalongan). Ekonomika syariah: Journal

of Economic Studies, 4(2), 123-135.

Salim, M., & Suratman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Masyarakat

Di Kutai Lama. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(03), 117-125.

Saputra, M dkk (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences Di

Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35-42.

Slamet, S., Hana, M. Y., & Suratman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam

berbasis Pendidikan Karakter di Mts Al Mujahidin. Jurnal Sanskara Pendidikan dan

Pengajaran, 1(3)

Sukirman, D., & Nugraha, A. (2016). Hakikat Kurikulum. Kurikulum dan bahan belajar TK

(PGTK2403/M). Jakarta: Universitas Terbuka.Pengajaran, 1(03), 93-101.

Supriatna, A., Supandi, S., & Nurhaolah, N. (2023). Upaya kemampuan peningkatan pembelajaran

kitab jurumiyah dengan metode active learning 36 di pesantren al muslih telukjambe timur

karawang. Jurnal Primary Edu, 1(2), 170-183.

Zainuri, A dkk (2022). Kurikulum Pendidikan Muadalah Ula Di Pondok Pesantren Darunnur

Almusthafa Palembang. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 215226.

Zakiyah, Z. (2021). Implementasi pendidikan agama islam di smp islam terpadu di kalangan nu. Penamas,

(1), 143-160.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles