Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran BTQ Di Kelas 5c SDN Margasari 2 Menggunakan Metode Jigsaw

  • siti jaenab jaenab universitas singaperbangsa karawang
  • yustiara hafipah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ayu Endah Utami Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Hasil Belajar, Meningkatkan Pemahaman, Metode Jigsaw

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah meluaskan pemahaman peserta didik kelas 5C SDN Margasari 2 tentang pelajaran Baca Tulis Qur'an (BTQ) memakai sistem Jigsaw. Sistem Jigsaw merupakan sebuah teknik pembelajaran kooperatif dengan mengutamakan kolaborasi peserta didik dalam grup kecil. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah jenis studi yang digunakan. Observasi ini prosedurnya berlangsung suatu alur yang disebut siklus. Tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi merupakan empat tahapan dari setiap siklus. Observasi ini dirancang dalam dua siklus, dalam setiap siklusnya hanya satu pertemuan saja. Penelitian ini diperoleh hasil yaitu keterlaksanaan cara belajar memakai metode Jigsaw pada tahap I pada umumnya 54, kemudian pada tahap II sebesar 77,5. Dari dampak tersebut bisa menyimpulkan bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan pengetahuan siswa terhadap Baca Tulis Qur'an (BTQ) di kelas 5C SDN Margasari 2.

kata kunci : Hasil Belajar,Meningkatkan Pemahaman , Metode Jigsaw

 

Referensi

Arikunto, S. (2012) Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2021) Penelitian Tindakan kelas : edisi revisi. Bumi Aksara.

Citriadin, Y. (2019) PENGANTAR PENDIDIKAN. CV Sanabil.

Farida, N. (2020) ‘Pengaruh Pengunaan Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir

Kritis Dan Percaya Diri Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Batu’,

Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, pp. 40–43. Available at:

http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16963.

Hidayati, V.N. et al. (2022) ‘Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi

Siswa Kelas X Di Sman 1 Payung Sekaki’, Jurnal Eduscience, 9(3), pp. 707–716. Available at:

https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3443.

Juanda, A. (2016) PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Classroom Action Research). CV BUDI

UTAMA.

Mardianto (2014) Psikologi pendidikan : Landasan untuk pengembangan strategi pembelajaran. Perdana

Publishing.

Muhammad Haris (2015) ‘Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. H.M Arifin’, Ummul Quro,

(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), pp. 1–19. Available at:

http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531.

Prajitno, S.B. (2013) ‘Metodologi penelitian kuantitatif’, Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung

Djati.(tersedia di http://komunikasi. uinsgd. ac. id), pp. 1–29.

Rahman, A. (2012) ‘Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam - Tinjauan Epistemologi Dan

Isi - Materi’, Eksis, 8(1), pp. 2053–2059.

Siswanto (2015) Pendidikan Islam dalam DIALEKTIKA PERUBAHAN. Pena Salsabila.

Sulastri, E. (2019) 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. GUEPEDIA.

Suryabrata, S. (1981) Psikologi Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Suryani, Y.E. (2010) ‘Kesulitan belajar’, Magistra, (73), pp. 33–47.

Winata, K.A. et al. (2020) ‘Peningkatan Kemampuan Peserta Didik terhadap Baca Tulis Al -Qur’an

melalui Guru Pendidikan Agama Islam’, J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), pp. 90–

Available at: https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.8035.

Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020) Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode

pembelajaran. IRDH Book Publisher.

Diterbitkan
2024-06-03
Bagian
Articles