Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran PAI Menggunakan Metode Kisah Qur’ani di Kelas 3 SDN Sukamerta 1

  • Ahmad Karhali Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dheby Melati Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yani Febrian Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Metode Kisah Qur’ani, Pemahaman, Pembelajaran

Abstrak

Permasalahan utama dari penelitian ini yaitu kurangnya tingkat pemahaman belajar pada siswa kelas 3 SDN Sukamerta 1 pada mata pelajaran PAI, adapun faktor faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran, yaitu 1). Belum bisa membaca dan menulis 2). Media hanya menggunakan buku dan metodenya hanya ceramah 3). Fasilitas 4). Perilaku siswa biasa dan siswa santri. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, peneliti menggunakan metode pembelajaran kisah qurani. Metode kisah qurani adalah metode yang didalamnya menyajikan kisah-kisah yang ada didalam Al-quran untuk diambil pelajaran oleh siswa sebagai contoh teladan. Para peneliti melakukan studi yang melibatkan tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Pengamatan yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas, prosedurnya mengikuti alur siklus dengan 4 tahap, seperti merencanakan, melaksanakan tindakan , pengamatan serta refleksi. Proyek penelitian tindakan kelas ini dilakukan drngan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode kisah qurani pada siklus 1 mencapai rata- rata 76%, sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 90%. Maka dari itu dengan jumlah data yang dihasilkan , bisa dikatakan bahwa penerapan metode kisah Qurani berhasil meningkatkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi kisah keteladanan Nabi Ibrahim as dan kisah keteladanan Nabi Ismail as dikelas 3 SDN Sukamerta 1, seperti yang terlihat dari ketuntasan belajar yang didapat, pada siklus 1 mencapai 72% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 81%.

Referensi

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Karlina, Y., & Pnedidikan, P. (2022). Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul

Wutsqa, 2(1).

Nisa, U. M. (2017). Metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa

kelas V MI YPPI 1945 Babat pada materi zat tunggal dan campuran. Dalam Proceeding

Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15,

No. 1, pp. 62-68).

Hakim, A. (2020). Perencanaan Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Indonesia.

SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 155-167.

Darmiah, D. (2017). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Lanjutan

Menengah Atas dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Karakter. PIONIR: Jurnal

Pendidikan, 6(1).

Kurnia, A., Effendi, H., & Usmanedi, A. (2022). Pembelajaran PAI Berbasis Kisah Qur’ani Untuk

Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Genta Mulia, 13(2).

Umar, J. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Terhadap Mata Pelajaran Agama Islam pada Siswa

SMP Negeri 1 Delima Pidie. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama

Islam, 10(2), 180-191.

Octofrezi, P. (2018). Teori Dan Kontribusi Metode Kisah Qur’ani Dalam Pendidikan Agama

Islam Di Sekolah. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7(1), 211-229.

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna:

Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22.

Wardany, H., Ferianti, N., & Supriyanti, S. (2023). Mengkaji media puzzle angka dalam

menstimulasi perkembangan berhitung permulaan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Hospitality,

(1), 91-94.

Arifin, M. T., & Romelah, R. (2022). Meningkatkan hasil belajar siswa SD pada mata pelajaran PAI

dengan pembelajaran berbasis problem solving. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan

Dasar, 14(2), 117-130.

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya meningkatkan hasil

belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di sekolah dasar.

Jurnal Basicedu, 4(4), 1350-1357.

Fatihani, N., Iswandi, I., & Humaeroh, I. (2024). Penggunaan ice breaking dalam meningkatkan

motivasi belajar peserta didik pada pelajaran tematik kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal

Basicedu, 8(2), 1055-1067.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika

pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).

Diterbitkan
2024-06-30