Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Pondok Pesantren Modern Al-Mushlih Karawang

  • Nita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ahmad Karhali Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nabila Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Arifudin
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Modern, Pondok Pesantren Al Mushlih

Abstrak

Pendidikan modern hadir karena model pendidikan pesantren yang lama atau tradisional pada masa lalu sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan saat ini. Dengan modernisasi tersebut diharapkan pesantren yang ada dapat beradaptasi dengan kondisi saat ini. Modernisasi pesantren memberikan respon yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus atau penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Dengan banyaknya pesantren yang ada saat ini dengan variasi yang berbeda-beda maka disebut dengan pesantren modern. Permasalahan kurikulum menjadi topik perbincangan yang menarik perhatian khususnya dalam dunia pesantren. Salah satu pesantren modern adalah Pondok Pesantren Al Mushlih di Telukjambe, Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Al Mushlih. Keberadaan Pondok Pesantren Al Mushlih yang berlatar belakang Sekolah Menengah Pertama (SMP) kini telah menjadi Pondok Pesantren yang modern dan seperti diatas menarik untuk diteliti agar nantinya dapat diperoleh informasi mengenai kurikulum pendidikan agama Islam. dilakukan di pesantren.

Referensi

Amirudin, J., & Rohimah, E. (2020). Implementasi kurikulum pesantren salafi dan pesantren modern dalam meningkatkan kemampuan santri membaca dan memahami Kitab Kuning. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 268-282.

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34

Elman, M. (2020). Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 117-130.

Elmainetty, H. (2023). Implementasi Pendidikan Implementasi Pendidikan Akal dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 292-300.

Ilyas, A. R. (2022). Perencanaan Kurikulum Pesantrendi Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang. Latipah, N. (2019). Peran Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren Nurrohman Al-Burhany Purwakarta. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(3), 193-201.

Muzaini, M. C., & Salamah, U. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(1), 82-99.

Nisa, D. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren Salaf Modern, Studi Analisis Pondok Pesantren Darul Qalam Ngaliyan Semarang. (Skripsi, Sarjana Universitas Islam Negeri Walisongo). Diakses dari: eprints.walisongo.ac.id

Nurdiansyah, F, M & Kholidya, C, F. (2022). Implementasi kurikulum pondok pesantren assholach kejeron pasuruan. Jurnal mahasiswa pendidikan teknologi, Universitas Negeri Surabaya. 35

Nurhayati, U., & Nu’man, M. (2022). Komponen materi pembelajaran pendidikan agama islam dan orientasinya pada madrasah ibtidaiyah. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 67184.

Prayoga, A., Irawan, I., & Rusdiana, A. (2020). Karakteristik program kurikulum pondok pesantren. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(1), 77-86.

Rozaidin, M., & Adinugraha, H. H. (2020). Penerapan Akuntansi Pondok Pesantren (Studi pada Koperasi Pondok Pesantren Al Hasyimi Kabupaten Pekalongan). Ekonomika syariah: Journal of Economic Studies, 4(2), 123-135.

Salim, M., & Suratman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Masyarakat Di Kutai Lama. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(03), 117-125.

Saputra, M dkk (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences Di Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35-42.

Slamet, S., Hana, M. Y., & Suratman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis Pendidikan Karakter di Mts Al Mujahidin. Jurnal Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(3)

Sukirman, D., & Nugraha, A. (2016). Hakikat Kurikulum. Kurikulum dan bahan belajar TK (PGTK2403/M). Jakarta: Universitas Terbuka.Pengajaran, 1(03), 93-101.

Supriatna, A., Supandi, S., & Nurhaolah, N. (2023). Upaya kemampuan peningkatan pembelajaran kitab jurumiyah dengan metode active learning 36 di pesantren al muslih telukjambe timur karawang. Jurnal Primary Edu, 1(2), 170-183.

Zainuri, A dkk (2022). Kurikulum Pendidikan Muadalah Ula Di Pondok Pesantren Darunnur Almusthafa Palembang. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 215226.

Zakiyah, Z. (2021). Implementasi pendidikan agama islam di smp islam terpadu di kalangan nu. Penamas, 34(1), 143-160.

Diterbitkan
2024-06-04
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##