IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH 01 KARAWANG
Abstrak
Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Karawang sebagai sekolah islam yang bernaungan organisasi muhammadiyah, memiliki visi dan misi islamisasi ilmu pengetahuan. Dalam hal ini, SD Muhammadiyah 01 Karawang berusaha untuk menanamkan nilai- nilai Tauhid Islam pada setiap dimensi kegiatan pembelajarannya, agar menciptakan peserta didik yang berakhlakul karimah. Dengan pendekatan Kualitatif Deskriptif, peneliti disini ingin mendalami lebih dalam terkait kurikulum yang digunakan oleh SD Muhammadiyah 01 Karawang. Adapun metode Wawancara dengan mewawancarai pihak- pihak yang terlibat dalam pembuatan kurikulum sekolah. Dengan demikian dapat diketahui secara detail terkait komponen- komponen kurikulum yang dipakai pada pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 01 Karawang. Kurikulum sesuatu aktivitas yang memandang seluruh kegiatan guru serta siswa dalam belajar mengajar di sekolah. Sebenarnya kurikulum merupakan selengkap konsep tujuan, isi, serta materi pelajaran dan metode yang dipakai selaku prinsip aktivitas kegiatan belajar mengajar buat menggapai tujuan pembelajaran khusus. Bersumber pada hasil analisi serta ulasan informasi, penulis mendapatkan kesimpulan yang bisa didapat dari riset mengenai hasil observasi 1) Tujuan Pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 01 Karawang. 2) Materi Pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 01 Karawang meliputi 3) Metode Pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 01 Karawang. 4) Evaluasi Pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 01 Karawang.
Referensi
Al Jumhuri, M. A. (2015). Belajar Akidah Akhlak: Sebuah Ulasan Ringkas Tentang Asas Tauhid
Dan Akhlak Islamiyah. Belajar Akidah Akhlak: Sebuah Ulasan Ringkas Tentang Asas Tauhid
Dan Akhlak Islamiyah, 13–17.
Ayatullaah. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Madrasah Aliyah
Palapa Nusantara. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 207.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/899/617
Azizah, M. N. (2023). EVALUASI HASIL BELAJAR DENGAN PENILAIAN TENGAH
SEMESTER (PTS) GENAP. https://smkpresiden.sch.id/evaluasi-hasil-belajar-denganpenilaian-tengan-semester-pts/
Bakri, S. (2022). Sejarah Kebudayaan Islam (M. Agus Wahyudi (ed.)). EFUDEPRESS.
Fathony. (2019). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1
Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 90.
file:///C:/Users/Muhamad Fajar
Akbari/Downloads/astuti,+9+JURNAL+FATHONY+88-98 (1).pdf
Hikmah, M. (2020). Komponen- Komponen Kurikulum Dalam Sistem Pembelajaran”. Jurnal
Pendidikan Dan Pemikiran, 15(1), 461. file:///C:/Users/Muhamad Fajar
Akbari/Downloads/1.+Dr.+MARIA+458-463.pdf
Kemal, M. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nila- Nilai
Karakter dan Moral Anak Di Masa Pandemi. Journal Of Islamic Education, 9(1), 46.
https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jie/article/viewFile/22808/10519
Ki, M. (2023). Muhammadiyah : Pengertian dan Sejarah Perkembangannya.
https://umsu.ac.id/berita/muhammadiyah-pengertian-dan-sejarah-perkembangannya/
L Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam
Proses Pembelajaran, 2, 920–935.
Nasution; Mardiah Kalsum. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil
Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 1(9), 9–16.
Nurhakim, A. (2023). Penilaian Akhir Semester (PAS): Pengertian, Tujuan, dan Pelaksanaannya.
https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/penilaian-akhir-semester/
Risma Rombe Pabesak Dkk. (2023). Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab Dalam
Proses Pembelajaran Daring. Letheia Chirstian Educators Journal, 4(1), 2.
https://doi.org/https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.1-8
Rosmiaty, A. (2018). Implementasi Pengembangan Kurikulum. Rumah Jurnal UIN Alauddin, 7(1),
–46. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-
Pendidikan/article/view/4932
Sekolah Dasar, D. (n.d.). Kurikulum Merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-
merdeka
Shaifudin, A. (2019). Fiqih dalam Perspektif Filsafat Ilmu: Hakikat dan Objek Ilmu Fiqih. AL-
MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 1(2), 197–206.
https://doi.org/10.37680/almanhaj.v1i2.170
Sukmawati, H. (2021). Komponen- Komponen Kurikulum Dalam Sistem Pembelajaran. Jurnal
Pendidikan Dan Studi Islam : As- Shahabah, 7(1), 64–68.
https://doi.org/https://doi.org/10.59638/ash.v7i1.403
Syarifuddin. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 66.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384
Taufik Nugroho dan Dede Narawaty. (2022). Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat (2020- 2021),
dan Kurikulum Prototipe atau Kurikulum Merdeka (2022) Mata Pelajaran Bahasa Inggris :
Suatu Kajian Bandingan. Sinastra, 1, 376.
https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinastra/article/view/6099/1673
Teguh. (2021). Pengantar Pendidikan. PT. Bumi Aksara.
Wahid, A. (2022). Strategi Pembelajaran Praktikum. LP3M UAP.
https://lpm.amikompurwokerto.ac.id/strategi-pembelajaran-praktikum/
Weli Tridayatna, Fathiyyah Shabrina Mudafri, dan I. S. K. (2024). Sejarah dan Peran
Muhammadiyah di Dalam Dunia Pendidikan. Proceeding International Seminar on Islamic Studies,
(1), 1327. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/18682
Widia Indah Rahayu, Maratun Najiah, dan L. H. (2022). Komponen dan Model Pengembangan
Kurikulum Pendidikan. Urnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 9058.
https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9665
Widiyani, R. (2021). Akhlakul Karimah Disebut Juga Tingkah Laku Baik, Begini Penjelasannya.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##