Implementasi Metode Amtsal dalam Meningkatkan Antusiasme Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Ibadah ; Umroh di MI Al - Mujahidin Telagasari
Abstrak
Penelitian ini ditujukan untuk menegtahui peningkatan antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran Fiqih di MI Al - Mujahidin Telagasari kelas 5 yang berjumlah 38 peserat didik dengan menggunakan Metode Amtsal yang dapat menstimulasi imajinasi peserta didik melalui ilustrasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini melalui beberapa tahapan dan 2 siklus diantaranya; perencanaan (plan), pengamatan (observe), pelaksanaan (action), dan refleksi (reflection). Data dikumpulkan melalui observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan penggunaan metode amtsal pada peoses pembeajaran Fiqih dapat meningkatkan antusiasme siswa secara signifikan. Melalui implementasi metode amtsal peserta didik bisa memahami materi, rukun, perbedaan haji dan umroh, serta tatacara melaksanakan ibadah umroh. Degan antuisiasme yang tinggi maka berdampak baik pula untuk tingkat pemahaman yang tinggi.
Referensi
Adinda Dwi Agustin, d. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI YUK WUDU
UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME PEMBELAJARAN PAI BAB WUDU DI SD.
Fashluna .
Andini, F. (Januari 2024). ANALISIS ANTUSIASME SISWA TERHADAP PROSES BELAJAR
MENGAJAR DI DESA KERAPUH, KECAMATAN DOLOK MASIHUL. Al - Furqan : Jurnal
Agama, Sosial, dan Budaya .
Dede Rizal Munir, J. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar melalui Kepercayaan Diri Siswa
Menggunakan Metode Think Pair Share . PTK : Jurnal Tindakan Kelas .
dkk, T. H. (2023). Model Pembelajaran Amtsal Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam. Jurnal Stiqzad.
Hasibuan, S. M. (2021). Pengaruh Metode Amtsal (Perumpamaan) terhadap Motivasi Belajar
Siswa Kelas VII Padamata Pelajaran Fiqih di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim 02
Batam. Jurnal STIT HIdayatullah .
Nursaadah. (n.d.). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Teknik
Make a Match pada Siswa Kelas III SD Inpres Bumi Bahari . Jurnal Kreatif Tadulako Online
.
Safi'i, M. (2019). IMPLEMENTASI METODE AMTSAL AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN
AKIDAH AKHLAK DI MTs AN-NIDHAM KALISARI SAYUNG DEMAK. unissla institutional
repository .
Siti Zazak Soraya, d. (2023 ). Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Berbasis Video di SMPN 1 Balong Ponorogo. Mu'alim : Jurnal Pendidikan Islam .
Ulfah. (2022). Konsep Metode Amstal dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Digital
Respository.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##