Pengaruh Kinerja Pustakawan Terhadap Minat Baca Siswa di SMA Negeri 4 Karawang
Abstrak
Kegiatan pustakawan pada dasarnya yaitu mengelola, menjaga, dan mengembangkan perpustakaan sesuai dengan kebutuhan siswa/pengunjung, dapat menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, memiliki keterampilan serta berkompeten. Berdasarkan uraian diatas rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana kinerja pustakawan di SMA Negeri 4 Karawang, 2)Bagaimana minat baca siswa di SMA Negeri 4 Karawang, 3)Seberapa besar pengaruh kinerja pustakawan terhadap minat baca siswa di SMA Negeri 4 Karawang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1)Untuk mengetahui kinerja pustakawan di SMA Negeri 4 Karawang, 2)Untuk mengetahui minat baca siswa di SMA Negeri 4 Karawang, 3)Untuk mengetahui pengaruh kinerja pustakawan terhadap minat baca siswa di SMA Negeri 4 Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Pustakawan di SMA Negeri 4 Karawang dalam kategori “baik” sebesar 78,83 persen dengan nilai rata-rata sebesar 47,30 dan standar devisi sebesar 5,455. Sedangkan Minat Baca siswa di SMA Negeri 4 Karawang dalam kategori “tinggi” sebesar 81,00 persen dengan nilai rata-rata sebesar 48,60 dan standar devisi sebesar 3,801. Dalam hasil penelitian ini nilai konstanta sebesar 83,046 sedangkan untuk angka koefisien regresi sebesar 0,312 angka ini berarti dengan adanya 1% kinerja pustakawan maka minat baca siswa akan meningkat sebesar 0,312 oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa terdapat adanya pengaruh kinerja pustakawan dengan minat baca siswa. Hal tersebut juga dapat dilihat dari hipotesis penelitian dengan menggunakan Sig. 0,05. Nilai Sig yang didapat dari penelitian ini sebesar 0,004 dimana nilai Sig lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Referensi
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa
Publishing.
Aryanti, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Budaya Sebagai Media Informasi Internal Terhadap
Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan PT. Dirgantara Indonesia (PERSERO). Program
Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 26.
Dongoran, R. (2020). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan Pelayanan Pustakawan Terhadap
Minat Baca Mahasiswa Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumtaera Utara.
Jurnal Edu Tech, Vol. 6 No. 2, 200-201.
Fany, A. &. (2022). Strategi Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah.
Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 700.
Fitriani. (2019). Pengaruh Fakultas Fasilitas dan Layanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa di
MA Nurulhuda Mangkang. Skripsi, 71.
Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
Huradju, S. S. (2020). Pengaruh Layanan Perpustakaan Sekolah Terhadap Intensitas Kunjungan
Siswa Membaca. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 69.84
Irianto, R. &. (2015). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan dan Kinerja Pustakawan Terhadap Minat
Baca Siswa MK Negeri 9 Semarang Tahun 2014/2015. Economic Education Analysis Journal,
-354.
Iztihana, A. (2020). Peran Pustakawan MTSN 1 Jepara dalam Upaya Mengembankan Minat
Kunjungan Siswa pada Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 93.
Mangkunegara, A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Mangkunegoro. (2005). Pengertian Kinerja. Universitas Medan Area.
Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 25.
Neri, R. S. (2022). Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Perpustakaan MIN 1
Kota Bengkulu. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Nurhidaya. (2021). Kinerja Pustakawan di SMP Negeri 33 Makasar. Skripsi, 10.
Parhan Hidayat, M. (2014). Kompetensi Pustakawan dalam Perspektif Islam. Al- Maktabah, Vol.
No. 1, 74-75.
Persia, A. N. (2013). Peran Perpustakaan Anak di Rumah Sakit Kanker "Dharmais" Jakarta. Jurnal
Ilmu Perpustakaan, 2.
Putri, Z. S. (2018). Analisis Standar Nasional Perpustakaan Khusus Bedasarkan Peraturan Kepala
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017. Skripsi, 34.
Siyoto, S. &. (2015). Dasar Metodologi Penelitian . Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujawerni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta:
Pustaka Baru Press.
Sulaksono, H. (2015). Budaya Organisasi dan Kinerja. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Sutarno, N. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto. Wibowo. (2014). Manajemen
Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##