IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAI AL-AZHAR 17
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMAI Al-Azhar 17 Karawang, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan Evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) bahwa kurikulum internasional Al-Azhar merupakan kurikulum yang disetarakan di Al-Azhar dengan tujuan untuk membimbing dan mengarahkan siswa siswi agar dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. 2) Adapun materi yang diberikan di kurikulum Pendidikan Agama Islam Al-Azhar yakni Agama, Al- Qur'an, Bahasa Arab, Tahfizh, akidah dan lainnya. 3) Di sekolah Al Azhar, terdapat empat metode utama yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yakni ceramah, diskusi, presentasi dan praktik. 4) Metode evaluasi yang dilakukan di sekolah Al- Azhar ada tiga, yaitu tes, lisan dan praktik.
Referensi
Syu’aib, K. (2019). Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI
Kalimantan, 15(28), 68–74.
Daulay, D. (2019). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas Al-Azhar Medan. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi
Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1.
Izuddin, L., & Hambali, M. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam
Meningkatkan Pemahaman Siswa di SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo. IJM: Indonesian Journal
of …, 1, 2079–2088.
Manajemen, M., Islam, P., Ptiq, U., & Email, J. (2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur kemajuan suatu
bangsa . Melalui pendidikan , sebuah negara akan maju karena dikelola oleh sumber daya manusia yang
berkualitas . Salah satu aspek yang berpengaruh ter. 16(2), 94–111.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##