Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Pembelajaran PAI Kelas IV di SDN Karawang Wetan IV

  • Ahmad Farhan Mulyadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nanda Amalia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • putri Novi Rahmayani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Teams Games Tournament

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki penggunaan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) materi Kisah Nabi di kelas IV SDN Karawang Wetan IV. Tujuan utama penelitian adalah untuk mengetahui seberapa efektif model TGT dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, penelitian ini menemukan komponen pendukung dan penghalang model TGT. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan pada 55 siswa. Studi dilakukan dalam dua siklus, dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi sebagai komponennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat secara signifikan. Nilai N-Gain rata-rata meningkat dari 0,63% (sedang) pada siklus I menjadi 0,82% (tinggi) pada siklus II. Selain itu, aktivitas belajar siswa meningkat dari 67,35% (tinggi) pada siklus I menjadi 88,74% (sangat tinggi) pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model TGT berfungsi dengan baik untuk meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar mereka. Penelitian ini benar-benar meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan dapat membantu guru
menggunakan strategi pembelajaran yang lebih baik dan menyenangkan. 

Referensi

Alawiyah, Jijim Sukron, Firdaus Aditya. 2023. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN

KOOPERATIF TIMES GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN

KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA

ISLAM. Fitrah: Journal of Islamic Education. Vol 4 No. 1 Juni 2023,

https://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah.

Bahrani. 2023. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES

TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

KELAS IV SDN SEI GOHONG. Published by: Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan

(FTIK) Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Vol. 3 No. 2, Agustus 2023.

Dewi, dkk. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Tipe Jigsaw pada

siswa kelas X Di SMA Negeri 2 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna, Jurnal AlTa'dib.9(2):1-21

Kiranawati 2007. Model Teams Games Tournament. Tersedia pada

https://kiranawati.blog.woodpress.com. Diakses pada tanggal 20 Mei 2024.

Utari, Shilvia Fatma. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams

Games Tournament ) untuk Meningkatkan Keaktifan, Motivasi, dan hasil belajar siswa

pada mata Diklat Akutansi pokok Bahasan Jurnal penyesuaian perusahaan dagang kelas X

AK-1 SMK Widya Praja Ungaran.FE.

Slavin, Robert. E. (2016). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. ( Terjemahan Narulita

Yusron ), Nusa Media, Bandung. ( Buku asli diterbitkan tahun 2005 ).

Sliberman, Melvin. 2006. Active Learning. Penerbit Nusa Media.Bandung.

Tri Aulia, Titin, dkk. 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif

Tipe Teams Assisted Individuualization di Kelas VII Mts Al-Muhajirin Rasau jaya. PTK,

Vol.4 No. 2 Mei 2024. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318.

Trianto, Yustianti Fatna. (2011). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik.

Jakarta:Bumi Aksara.

Widhiastuti, Ratieh. 2014. TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI METODE

UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BELAJAR.

JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI DINAMIKA PENDIDIKAN Vol. IX, No. 1,

Juni 2014 Hal. 48-56.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles