KREASI SENAM CERIA BERBASIS GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi senam ceria berbasis gerak dan lagu untuk meningkatkan motorik kasar siswa sekolah dasar. Artikel ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, kemudian hasilnya disajikan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I di SD Negeri 14 Cakranegara sebagai data primer serta beberapa bukti cetak atau dokumentasi sebagai data sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang terstruktur dan menyenangkan, seperti senam ceria yang diiringi musik, dapat memberikan manfaat signifikan bagi perkembangan motorik dan kognitif anak-anak. Integrasi senam dalam rutinitas sekolah dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental siswa, yang dapat mendukung proses pembelajaran. Secara keseluruhan, senam ceria memiliki dampak positif dalam meningkatkan motorik kasar, semangat, dan fokus siswa.
Referensi
Elfiandi, Munasti Desiva. (2022). Pengembangan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Senam Kreasi
pada Anak PAUD Balai Pengajian Baitul Ishlah Lhokseumawe. Jurnal Ibrah: Vol. 1 No. 1,
Hal. 1-12.
Fiantika, Feny Rita., dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sumatera Barat: PT. Global
Eksekutif Teknologi.
Hayyu Nur, Rusmayadi, Parwoto. (2020). Pengaruh Senam Kreasi Terhadap Kemampuan
Kinestetik Motorik Anak di TK Mutiara Sipurennu Kabupaten Maros. Jurnal Tarbiyah
Raudhah.
Subhan, Irfan Auli. (2019). Kreasi Senam Ceria Pada Taman Kanak-Kanak Meningkatkan Motorik
Kasar Anak Usia Dini Berbasis Gerak dan Lagu. Jurnal Tunas Cendekia: Vol. 2, Edisi 2.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##