Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Persiapan Menghadapi (PAS) Penilaian Akhir Sekolah Terhadap Siswa Kelas VI DI SD IT Rabbani Muara Enim

  • Apriyanti Apriyanti IAIN Curup, Bengkulu
  • Aida Rahmi Nasution IAIN Curup, Bengkulu
  • Dewi Purnama Sari IAIN Curup, Bengkulu
Kata Kunci: Gaya Belajar, Penilaian Akhir Sekolah

Abstrak

Pembelajaran adalah faktor yang berpengaruh dan memainkan peran signifikan dalam perkembangan kepribadian serta perilaku individu. Secara spesifik gaya belajar yang beragam sebagai upaya untuk menunjukkan bahwa siswa aktif dalam mencari gaya terbaik untuk memahami materi pelajaran dan mencapai hasil yang optimal dalam ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar yang diterapkan oleh siswa kelas VI di SD IT Rabbani dalam persiapan menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui literatur yang telah diterbitkan. Untuk memastikan validitas temuan, dilakukan triangulasi data dan uji validitas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Belajar kelompok bisa efektif dalam meningkatkan motivasi dan kerjasama, sementara media digital menyediakan gaya penyampaian materi yang lebih menarik. Kedua, Les privat memberikan bimbingan intensif, sedangkan jadwal belajar yang terstruktur membantu dalam pengaturan waktu. Ketiga, Penggunaan buku tambahan memperkaya sumber belajar, praktik soal meningkatkan kesiapan menghadapi ujian, dan diskusi dengan guru memberikan kesempatan klarifikasi materi yang sulit.

Referensi

Abrori, H. (2018). Humas Sebagai Method of Commucation Dalam Membentuk Image Madrasah.

Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 161–166. https://doi.org/10.33650/altanzim.v2i2.397

Asiyah, A., Syafri, F., & Hakim, M. A. R. (2018). Pengembangan Materi Ajar Animasi Bahasa

Inggris Bagi Usia Dini Di Kota Bengkulu. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 30.

https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2063

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan penting evaluasi pembelajaran bahasa

di sekolah dasar [The important role of language learning evaluation in primary schools].

Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1–9.

https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22

Buchari Agustini. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra, 12,

–5705.

Efrina, L., & Warisno, A. (2021). Meningkatkan Mutu Melalui Implementasi Manajemen. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 214–219.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas Dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan,

(1), 89–102. http://www.journal.staihubbulwathan.id

Hanan, K. (2020). Variasi Individual. Kalam Hanan.

Hildani, T., & Safitri, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum

Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cendekia :

Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 591–606. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.549

Indah, F. (2022). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Fisika Peserta Didik Kelas

XI SMAN 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah Selama Masa Pandemi. UIN Raden Intan

Lampung.

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar

Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v6i1.9257

Maria Ulfah, S., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap

Kemampuan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 83–91.

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17324

Masdar Limbong, Firmansyah, Fauzi Fahmi, & Rabiatul Khairiah. (2022). Sumber Belajar Berbasis

Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1),

–35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27

Melia Anggraeni, & Muhammad Mukhlis. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi

Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1),

–325. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2355

Miswar, M. (2018). Teori Pembelajaran Cbsak Sebagai Sebuah Teori Alternatif. Jurnal Basicedu, 1(2),

–41. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i2.4

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis

Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech

Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223

Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen Kesiswaan terhadap Hasil Belajar. JRTI

(Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 119. https://doi.org/10.29210/3003907000

Rahayu, M. M. (2014). Journal of Elementary Education. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi Bebas

Melalui Metode Suggestopedia, 3(November), 14–20.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee

Rosnawati, S. P. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Penerbit Adab.

Safitri, K., Fauzi, T., & Andriani, D. (2021). Dampak Pembelajaran daring terhadap Interaksi Sosial

Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 143–152. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles