Analisis Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Statistik Ekonomi Dan Bisnis

  • Hamni Fadlilah Nasution Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Zulaika Matondang Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Kata Kunci: kemampuan awal, hasil belajar, evaluasi

Abstrak

Hasil belajar merupakan indicator yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan mahasiswa dalam memahami mata kuliah. Hasil belajar juga menjadi indikator penting yang digunakan untuk mengevaluasi tercapai atau tidak mata kuliah yang diajarkan. Keberhasilan mahasiswa dalam memahami mata kuliah menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh dosen telah berhasil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang hubungan kemampuan awal dengan Hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistik ekonomi dan bisnis di Program studi ekonomi Syariag Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Kemampuan awal merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang tersebar di beberapa kelas. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif kemampuan awal terhadap hasil belajar pada mata kuliah statistic ekonomi dan bisnis. Implikasi dari temuan tersebut memberikan dasar untuk meningkatkan mutu mahasiswa dalam bekal bekerja nanti.

Referensi

Admin FKIP. (2023, July 22). Peran Statistika Dalam Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan dan Lingkungan. Fakultas

Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. https://fkip.umsurabaya.ac.id/homepage/news_article?slug=peran-statistika-dalam-ekonomi-pendidikankesehatan-dan-lingkungan

Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah.

Pedagogik Jurnal Pendidikan, 1 Nomor 1, 34–46. https://doi.org/10.33650/pjp.v1i1.14

Dick, W., & Carey, L. (2005). The Systematic Design of Instructional Third Education. Pearson.

Hikmah, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru dan Pengetahuan Awal Siswa terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya

terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa.

Istiqomah, D. N. (n.d.). ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA TERHADAP

HASIL BELAJAR MATEMATIKA. 4(2).

NS, S. (2023, July 5). Peran dan Kontribusi Melalui Pendidikan Tinggi dalam Mendukung Kemajuan Bangsa.

Kompasiana.

https://www.kompasiana.com/salsabilanurainisekarningrum1037/64a5188508a8b57cf62d12d2/p

eran-dan-kontribusi-melalui-pendidikan-tinggi-dalam-mendukung-kemajuan-bangsa

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Silitonga, P. M., Panggabean, F. T. M., & Susanti, N. (2022). Hubungan Kemampuan Matematika dan Kemampuan Awal

dengan Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Larutan Penyangga. 4.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. RajaGRafindo Persada.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles