Penerapan Metode Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran SKI di Kelas 4 MI Raudlatusshibyan

  • Hasna Fadlilatul Maula Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nina Namiroh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ibrahim Ahmad Samiyaji Bukhori Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Teams Games Tournament, Minat Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk merangsang rasa ingin tahu siswa tentang topik Sejarah Budaya Islam (SKI). Madrasah Ibtidaiyah Raudlatusshibyan, Karawang, menjadi lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan dua siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Antusiasme siswa untuk terlibat dalam turnamen selama pembelajaran sangat besar, yang menjelaskan minat untuk belajar tentang mata pelajaran SKI menggunakan teknik pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Pendekatan ini bekerja sangat baik untuk kursus SKI, di mana instruktur terutama menggunakan teknik ceramah dan mencakup konten yang berkaitan dengan sejarah Islam. Akibatnya, metode kooperatif TGT bekerja cukup baik ketika digunakan. Menurut temuan penelitian ini, antusiasme siswa dalam belajar pada mata pelajaran SKI meningkat secara keseluruhan. Tren ini juga terbukti dalam data pengamatan yang dikumpulkan selama siklus 1 dan 2, serta dalam hasil kompetitif.

Referensi

A Aqib, Z., & A Chotibuddin. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas : (PTK). Deepublish.

Agung, A., & Yuliawati, N. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS

GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. Indonesian

Journal of Educational Development, 2(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868

Hidayat, E. N. (2021). PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF DAN HASIL BELAJAR PPKn

SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM

ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI NORMA DAN KEADILAN. JIRA:

Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(3), 312–334. https://doi.org/10.47387/jira.v2i3.100

Nurhayati, H., Robandi, B., & Mulyasari, E. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN

KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD.

In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Vol. III No. I.

Pendidikan, J., & Perkantoran, M. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The

impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes) (Vol. 1, Issue 1).

http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Purnomo, B. H. (n.d.). METODE DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH).

Rizal Pahleviannur, M., Saringatun Mudrikah, Sp., Hari Mulyono, Mp., Vidriana Oktoviana Bano, M.,

Muhammad Rizqi, Mp., Muhammad Syahrul, Mp., Nashrudin Latif, Mp., Ema Butsi Prihastari,

M., Khurotul Aini, Mp., Zakaria, Mp., & Ns Hidayati, Mp. (n.d.). PENELITIAN TINDAKAN

KELAS.

Sarnoto, A. Z., Romli, S., Dasar, S., Ainul, I., & Tangerang, Y. K. (2019). PENGARUH

KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP

MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 3 TANGERANG SELATAN (Vol. 1, Issue 1).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Widayati, A. (2014). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).

https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles