Penerapan Metode Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran SKI di Kelas 4 MI Raudlatusshibyan
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk merangsang rasa ingin tahu siswa tentang topik Sejarah Budaya Islam (SKI). Madrasah Ibtidaiyah Raudlatusshibyan, Karawang, menjadi lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan dua siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Antusiasme siswa untuk terlibat dalam turnamen selama pembelajaran sangat besar, yang menjelaskan minat untuk belajar tentang mata pelajaran SKI menggunakan teknik pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Pendekatan ini bekerja sangat baik untuk kursus SKI, di mana instruktur terutama menggunakan teknik ceramah dan mencakup konten yang berkaitan dengan sejarah Islam. Akibatnya, metode kooperatif TGT bekerja cukup baik ketika digunakan. Menurut temuan penelitian ini, antusiasme siswa dalam belajar pada mata pelajaran SKI meningkat secara keseluruhan. Tren ini juga terbukti dalam data pengamatan yang dikumpulkan selama siklus 1 dan 2, serta dalam hasil kompetitif.
Referensi
A Aqib, Z., & A Chotibuddin. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas : (PTK). Deepublish.
Agung, A., & Yuliawati, N. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS
GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. Indonesian
Journal of Educational Development, 2(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868
Hidayat, E. N. (2021). PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF DAN HASIL BELAJAR PPKn
SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM
ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI NORMA DAN KEADILAN. JIRA:
Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(3), 312–334. https://doi.org/10.47387/jira.v2i3.100
Nurhayati, H., Robandi, B., & Mulyasari, E. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD.
In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Vol. III No. I.
Pendidikan, J., & Perkantoran, M. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The
impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes) (Vol. 1, Issue 1).
http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000
Purnomo, B. H. (n.d.). METODE DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH).
Rizal Pahleviannur, M., Saringatun Mudrikah, Sp., Hari Mulyono, Mp., Vidriana Oktoviana Bano, M.,
Muhammad Rizqi, Mp., Muhammad Syahrul, Mp., Nashrudin Latif, Mp., Ema Butsi Prihastari,
M., Khurotul Aini, Mp., Zakaria, Mp., & Ns Hidayati, Mp. (n.d.). PENELITIAN TINDAKAN
KELAS.
Sarnoto, A. Z., Romli, S., Dasar, S., Ainul, I., & Tangerang, Y. K. (2019). PENGARUH
KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP
MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 3 TANGERANG SELATAN (Vol. 1, Issue 1).
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Widayati, A. (2014). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##