EFEKTIFITAS DAN EFESIENSI LAYANAN DIGITAL MELALUI MUAMALAT DIN PADA KELANCARAN TRANSAKSI KEUANGAN NASABAH DI BANK MUAMALAT KCP SUMENEP
Abstrak
Dunia Perbankan telah mengikuti era digitalisasi. Dengan adanya layanan digital yang diberikan untuk memudahkan melakukan transaksi berupa pembayaran non tunai. Salah satu bank yang memberikan layanan digital yaitu Bank Muamalat KCP Sumenep berupa Muamalat DIN. Bank Muamalat berupaya mengikuti era digitalisasi untuk melancarkan transaksi para nasabahnya. Suatu layanan belum dikatakan efektif jika layanan digital tersebut kurang merespon kebutuhan nasabah dikarenakan nasabah yang belum paham mengoperasikan digital. Padahal secara umum tugas perbankan melancarkan sistem transaksi. Layanan digital pun diluncurkan untuk membantu nasabah untuk bertransaksi. Penelitian ini berjeniskan kualitatif yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari prosedur pengumpulan data, kemudian peneliti mengolah dan menganalisis untuk memperoleh data atau informasi. Adapun infoman dalam penelitian ini adalah 2 orang nasabah dan 3 karyawan Bank Muamalat KCP Sumenep. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa adanya layanan Muamalat DIN sudah dikatakan efektif dalam memberikan layanan bagi nasabah, hal ini dapat dilihat dari pemahaman nasabah pada sistem digital dan fitur yang tersedia di Muamalat DIN sehingga memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun. Layanan Muamalat DIN juga cukup efisien untuk digunakan, karena penggunaannya dapat menghemat biaya dan meminimalkan waktu sehingga memudahkan nasabah dalam bertransaksi secara cepat..
Referensi
Annisa, Lolanda Hamim. “Analisis Kebutuhan Dan Implementasi Teknologi Informasi Menggunakan Pcf Pada Proses Bisnis Umkm Di Indonesia.” Journal of Digital Business and Management, vol.1, no. 1 (7 Februari 2022): 15–25.
Aziz, Muhammad Ridhwan Ab, dan Muhammad Zakirol Izat Mustafar. “Islamic Digital Banking In The Light Of Maqasid Shariah: A Review Of Literatures Perbankan Digital Islam Berasaskan Maqasid Syariah: Kajian Literatur.” vol.23, no. 2 (2021).
Imelda, Tri. “Analisis Strategi Pemasaran Bank Syari’ah Berbasis Digitalfintechterhadap Pelayanan Nasabah.” vol.4, no. 2 (2021).
Mukhtisar, Mukhtisar, Ismail Rasyid Ridla Tarigan, dan Evriyenni Evriyenni. “Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh).” Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., vol.3, no. 1 (24 Mei 2021): 56.
Nasution, Mislah Hayati. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking Factors Affecting The Interests Of Customers Of Internet Banking.” vol.1 (2015).
Nay, Yustina Alfira. “Analisis Skalabilitas Sistem Teknologi Informasi Dan Komunikasi: Kasus Ketertundaan Transformasi Dan Potensi Penerapan Continuous Auditing.” ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, vol.7, no. 3 (22 September 2020). Diakses 1 April 2024. https://jurnal.ugm.ac.id/abis/article/view/58856.
Nustini, Yuni, Maslachatul Ummah, dan Windy Arum Samira. “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Industri Perbankan Studi Terhadap Penggunaan Mobile Banking” (t.t.).
Ria Febrianti, Beta. “Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca Layanan Digital Sebagai Layanan Favorit Bagi Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Sriwijaya,.” Central Library, vol.Vol. 34 (2) (2018).
Roro Pawestri. “Strategi Pemasaran Aplikasi Mobile Banking Muamalat Din (Digital Islamic Network) Pada Pt. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Nganjuk,” 2021.
Setiawan The riady, Hans. “Analisis Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Resiko, Kepercayaan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Dalam Menggunakan E-Banking (Studi Kasus: PT.Bank BPRKS Bandung).” Media Informatika, vol.Vol. 14 (2015).
Silalahi, Purnama Ramadani, Aisy Salwa Daulay, Tanta Sudiro Siregar, dan Aldy Ridwan. “Analisis Keamanan Transaksi E-Commerce Dalam Mencegah Penipuan Online.” Jurnal Manajemen (2022).
Yasin, Rozaq Muhammad, Nurzahroh Lailyah, dan Mochamad Edris. “Analisis Pengaruh Layanan Digital Perbankan Syariah terhadap Literasi Keuangan Syariah Generasi Milenial.” Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi dan Perbankan Syariah, vol.6, no. 1 (30 April 2021): 75.
“Bank Muamalat penggunaan Muamalat DIN,” https://www.bankmuamalat.co.id.,” t.t.
“Bank Muamalat,.”diakses 8 Agustus 2022,https://www.bankmuamalat.co.id/index.php/profil-bank-muamalat.,” t.t.
Undang Undang Undang undang Nomer 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah., t.t.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##