Dinamika Pembaharuan Pendidikan Islam

  • Ainul Khalim universitas Qomaruddin
  • Mochamad Chairudin universitas Qomaruddin
Kata Kunci: Pembaharuan Pendidikan Islam Integrasi Ilmu Modern Tantangan Konservatisme

Abstrak

Pembaharuan pendidikan Islam muncul sebagai respons terhadap tantangan global yang dihadapi umat Islam, terutama setelah ekspansi dan dominasi Eropa di berbagai sektor strategis. Pembaharuan ini dimulai dengan upaya untuk mengadopsi ilmu pengetahuan dan teknologi modern, seperti yang terlihat di Turki pada masa Sultan Mahmud II hingga era Mustafa Kemal Ataturk, dan di Mesir di bawah kepemimpinan Muhammad Ali Pasha serta para pemikir seperti Muhammad Abduh dan Rasyid Ridla. Reformasi ini mencakup perubahan kurikulum, pendirian institusi pendidikan modern, serta pengiriman pelajar ke Eropa. Gerakan ini bertujuan untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum ke dalam sistem pendidikan Islam yang sebelumnya hanya berfokus pada ajaran agama. Dampak dari gerakan ini terlihat dalam perubahan sistem pendidikan dan peningkatan kesadaran umat Islam akan pentingnya ilmu pengetahuan sebagai modal kemajuan. Namun, pembaharuan ini juga menghadapi resistensi dari kalangan konservatif yang khawatir akan dampaknya terhadap identitas Islam. Studi ini mengeksplorasi kontribusi dan tantangan gerakan pembaharuan pendidikan Islam serta pengaruhnya dalam membentuk pemikiran dan sistem pendidikan di dunia Islam hingga masa modern.

Referensi

Ahmad, Z. (2023). The Evolution of Islamic Education Systems. Cambridge University Press.

Al-Attas, S. M. N. (2020). Islam and Secularism in Education: A Comparative Analysis. Routledge.

Ali, S. (2023). Reform and Resilience in Islamic Education: A Global Perspective. Oxford University Press.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Fahmy, K. (2018). Education and Reform in the Ottoman Empire and Egypt: A Comparative Perspective. Journal of Middle Eastern Studies, 54(3), 221-239.

Hassan, R. (2021). Islamic Education Reform in Turkey: Historical and Contemporary Perspectives. The Islamic Quarterly, 45(1), 33-55.

Hidayatullah, M., & Abduh, A. (2020). The Role of Islamic Education in Modern Society. Journal of Islamic Studies, 15(2), 101-120.

Khalidi, T. (2020). Modernizing Madrasas: The Role of Science in Islamic Schools in Egypt. Oxford University Press.

Karim, N. (2023). Challenges of Educational Reform in Muslim Societies. International Journal of Islamic Education, 12(2), 45-78.

Mardin, S. (2021). Secularism and Religion in Turkish Education. Istanbul University Press.

Nasution, H. (2019). Pioneers of Islamic Reform in the Muslim World. Journal of Islamic Studies and Culture, 7(4), 87-98.

Rahman, A. (2022). The Reformist Movement in Islamic Education: Cases from Egypt and Turkey. Journal of Educational Development in Muslim Societies, 11(1), 67-89.

Rida, M. (2021). An Inquiry into Islamic Educational Reforms in the 21st Century. Al-Azhar Journal of Islamic Studies, 10(3), 112-130.

Saeed, A. (2019). Contemporary Debates on Islamic Education Reform. Palgrave Macmillan.

Siddiqi, H. (2020). Islamic and Modern Sciences in the Madrasah Curriculum: Balancing Tradition and Modernity. Journal of Modern Islamic Studies, 8(2), 50-73.

Smith, L., & Jones, E. (2019). Education Reform in Turkey and Egypt: A Comparative Study. International Review of Education, 65(2), 135-150.

Tahir, M. (2020). Educational Reforms in Islamic World: A Path to Integration of Knowledge. Asian Journal of Islamic Studies, 9(1), 18-36.

Yildirim, M., & Demirci, M. (2019). Educational Reforms and Institutional Change in the Ottoman Empire. Journal of Ottoman Studies, 50(4), 15-29.

Yusuf, A., & Hamid, S. (2021). Islamic and Modern Sciences in the Madrasah Curriculum. Al-Azhar Journal of Islamic Studies, 10(3), 112-145.

Zaman, M. Q. (2022). Modern Islamic Thought in a Radical Age: Religious Authority and Internal Criticism. Princeton University Press.

Diterbitkan
2024-06-30