Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri Pantiwinaya Subang

  • Maya Aprida Riani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lilis Karyawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Karnia Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Media Sosial, Motivasi Belajar, PAI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Pantiwinaya Subang. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui angket pengisian kuesioner, metode analisis data yang digunakan melalui uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis dan uji analisis regresi sederhana. Metode yang digumakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian random sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa/i SD Negeri Pantiwinaya Subang yang berjumlah 129 orang, 52 siswa Laki-laki dan 77 siswa Perempuan. Instrumen penelitian ini menggunakan angket kuesioner yang disebar melalui aplikasi Google Form. Hasil dari perhitungan hipotesis dalam analisis regresi linear sederhana yaitu nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa kedua variabel tersebut saling berpengaruh. Dengan nilai R Square sebesar 0,361. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh Media Sosial (X) terhadap Motivasi Belajar (Y) adalah sebesar 36,1 %

Referensi

Burhanuddin, H. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Dan

Kajian Keislaman, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Nawawi, M. I., Nurwahidah, Anggarani, D. D., Nur, A., Febrianto, R. R., Sulfiyah, Fita, & Syah,

S. A. (2021). PENGARUH KECANDUAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI

BELAJAR MAHASISWAUIN ALAUDDIN MAKASSAR. Educandum, 7.

Pristiwanti, Badariah, D., Hidayat, B., & R.S, S. & D. (2021). Pengertian Pendidikan. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715.

Sadirman A.M. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.

Widya A. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4.

Z, Z., & Yuhafliza. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Anak Dan Remaja. Jurnal Pendidikan

Almuslim, VII(1), 10–15.

Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
Articles