Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan Syeikh Az-Zarnuji tentang Konsep Pendidikan Nilai
Abstrak
Tulisan ini mecoba menggali pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim dan Syeikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim tentang konsep pendidikan nilai. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun tulisan ini adalah kepustakaan yang berfokus pada dua kitab yang telah disebut dengan tambahan referensi dari berbagai buku, jurnal dan penelitian yang lain. Ditemukan bahwa pendidikan menurut Kiai Hasyim adalah bertujuan untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sedangkan menurut Syeikh Az-Zarnuji, pendidikan bukan hanya proses transfer ilmu pengetahuan dan keterampilan, bahkan yang terpenting adalah pembentukan karakter pada peserta didik.
Referensi
Asy’ari, Syeikh Hasyim, Adab Al-Alim wa Al-Muta’allim. Jombang: Maktabah At-Turats Al-Islami
Azizah, Nurul (2023), Pemikiran KH. Hasyim Tentang Konsep Pendidikan. Kupang: TA’LIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Bin Ismail, Syeikh Ibrahim (2007), Syarh Ta’lim Al-Muta’allim. Jakarta: Dar Al-Kutub Al-Islamiyah
Haryanti, Nik (2013), Implementasi Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Tentang Etika Pendidik. Tulungagung: Episteme
Ilham, Dodi (2019), Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Bone: Didaktika: Jurnal Kependidikan
Mihrajuddin, Andi & Muqowwim (2022), Kontekstualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakater Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim. Makassar: Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam
Ratna (2015), Konsep Pendidikan Menurut Al-Gazali dan Emile Durkheim. Makassar: Lentera Pendidikan
Sulton (2016), Realitas Pendidikan Nilai di Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Ponorogo: ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##