PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 4 PASURUAN MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA

  • Nur Alfiyah Universitas PGRI Wiranegara
  • Fatimatuz Zahro Agustine Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan
  • Hasan Hasan Universitas PGRI Wiranegara, Pasuruan
  • Eko Firmansyah SMAN 4 Pasuruan
Kata Kunci: Asmaul Husna, Strengthening Religious Character, Habituation

Abstrak

Pendidikan karakter religius di sekolah memiliki peranan penting dalam membentuk kepribadian siswa, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pembiasaan membaca Asmaul Husna sebagai metode penguatan karakter religius siswa di SMAN 4 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus yang melibatkan pengamatan langsung, wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan membaca Asmaul Husna memiliki dampak positif terhadap pembentukan karakter religius siswa, seperti peningkatan disiplin, kesantunan, dan kepedulian terhadap sesama. Secara teologis, pembiasaan ini membantu siswa menginternalisasi sifat-sifat Allah SWT, sedangkan secara pedagogis, pembiasaan ini sesuai dengan konsep pendidikan karakter yang mencakup pemahaman nilai, perasaan emosional terhadap nilai, dan penerapan nilai dalam kehidupan sehari-hari. Selain dampak individu, kegiatan ini juga berpengaruh pada lingkungan sosial siswa, yang membawa nilai-nilai religius ke dalam kehidupan keluarga. Meskipun terdapat tantangan dalam menjaga konsistensi dan keterbatasan waktu, program ini terbukti efektif dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan rasa tanggung jawab sosial yang tinggi.

Referensi

Fauziah, H. U., Suhartono, E., & Pudjantoro, P. (2021). Implementasi penguatan pendidikan karakter religius. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(4), 437–445. https://doi.org/10.17977/um063v1i4p437-445

Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman karakter siswa sekolah dasar melalui pembiasaan harian dalam perspektif behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2).

Lickona, T. (1992). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.

Muhaimin, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Nashir, H. (2019). Pendidikan karakter berbasis agama dan budaya.

Pambudi, Z. E., Sa’dullah, A., & Ardiansyah, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Membaca Surat Yasin dan Asmaul Husna di SMK Negeri 3 Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 7(6), 195–205.

Saputro, B. A., & Pramadyahsari, A. S. (2023). Penguatan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Membaca Asma’ul Husna di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12352–12359.

Skinner, B. F. (1965). Science and human behavior (Nomor 92904). Simon and Schuster.

Diterbitkan
2024-12-31