RELEVANSI KODE ETIK GURU DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN BERKUALITAS
Abstrak
Lingkungan pendidikan saat ini menghadapi tantangan kompleks, sehingga peran guru sebagai pembimbing moral dan sosial siswa menjadi sangat penting. Kode etik guru menjadi landasan utama dalam menciptakan pendidikan berkualitas, dengan memberikan panduan bagi perilaku guru, memastikan teladan positif, mendukung keberagaman, dan memberikan pendidikan yang relevan. Metode penelitian yang digunakan dengan studi pustaka, mengumpulkan data dari sumber-sumber tertulis seperti buku, jurnal, peraturan pemerintah, dan sumber online kredibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kode etik guru memiliki fungsi ganda sebagai perlindungan dan pengembangan profesi, memberikan pedoman bagi guru dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme, serta mendorong pengembangan diri dan kompetensi. Relevansi kode etik guru terletak pada perannya dalam menjamin kualitas pendidikan, melindungi kepentingan siswa, memelihara kepercayaan masyarakat, dan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Dengan mematuhi kode etik, guru dapat memastikan interaksi dengan siswa, orang tua, rekan kerja, dan masyarakat dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme.
Referensi
Akhmad Zacky AR. “KODE ETIK GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME PENDIDIK ; REAKTUALISASI DAN PENGEMBANGAN KODE ETIK GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL AMIN PAMEKASAN Akhmad Zacky AR ( STIKA An Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep ) Abstract :” Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 2 (2016): 271–92.
Alexandro, Rinto, dan Abdul Rahman Azahari. “Pergeseran Sikap Dan Perilaku Guru Tersertifikasi.” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Administrasi Negara 4, no. 1 (2020): 104–25.
Fitriatin, Nur, Imelda Itania, Indriana Uswatun Khasanah, dan Muhammad Alfarisi Adriyansyah. “Pengaruh Kode Etik Guru terhadap Proses Pembelajaran.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2023): 586–94. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4581.
Habibullah, Muhammad Romadlon, and Abdul Basir. "Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan." DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin 1.1 (2023): 63-73.
Khadijah, Inayatul. “Definisi Dan Etika Profesi Guru.” Ilmu Pendidikan 2 (2022): 10–11.
Khoirudin, Mohammad. "Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di MI Al Khoiriyah Cerme Gresik." JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN ISLAM 11.11 (2023): 26-39.
Maryanto, Maryanto, Nor Khoiriyah, dan Supriyono Purwosaputro. “Politik Hukum Dalam Pembentukan Kode Etik Guru Indonesia Sebagai Sarana Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Kota Semarang.” Jurnal Meta-Yuridis 5, no. 1 (2022): 1–19. https://doi.org/10.26877/m-y.v5i1.11191.
Muhammad, Rusnadi, M. Zainal Arif, dan Rido Kurniato. “Pemikiran Ibnu Sahnun Tentang Etika Profesi Guru Dan Relevansinya Dengan Undang-Undang Kode Etik Profesi Guru.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2020): 286–308. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.286-308.
Mulyadi, Mulyadi. “Menegakkan Kode Etik Profesi Guru: Sebuah Pandangan Wawasan Filsafat Pendidikan.” Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 11, no. 1 (2019): 1–11. https://doi.org/10.37812/fikroh.v11i1.31.
Pratiwi, Rahani Surya. “Profesi, Kode Etik, Organisasi, Dan Peran Guru.” Thesis Commons, 2022, 1–13.
RAHMAN, Abdul. “Implementasi Kode Etik Guru Dalam Pembelajaran.” Pdf 0 (2010): 150–64. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4303/1/Abdul Rahman.pdf.
Rizkon, R. “Profesi Guru.” Kajian Teori Guru 1, no. 2 (2009): 1–8.
Sentra, Jurnal, Pendidikan Anak, Usia Dini, Universitas Sari, dan Mutiara Indonesia. “Pelanggaran Kode Etik Berupa Kekerasan Fisik Yang Dilakukan Oleh Guru Kepada Muridnya.” Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2023): 13–17. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/sentra/article/view/3574.
Qomaruddin, Qomaruddin. "Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 14.2 (2016).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##