STRATEGI PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS PEMBELAJARAN TEMATIK DI SMA 5 KOTA BENGKULU: STUDI PADA PROGRAM PLP TEMATIK KELOMPOK 73

  • Samsudin Samsudin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Ikhsan Tri Hartanto Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Nadiya Stefhany Aswandi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Sabillah Nur Fadillah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Azi Wahyuda Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Alya Yuliani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Pembelajaran tematik, PAI, strategi pengajaran, pemahaman siswa

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA 5 Kota Bengkulu menerapkan strategi tematik untuk mengaitkan ajaran Islam dengan kehidupan sehari-hari siswa. Studi ini menganalisis strategi pengajaran, kendala, serta dampak pembelajaran tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi integrasi nilai agama, diskusi, dan proyek meningkatkan pemahaman siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kendala utama meliputi kurangnya pemahaman guru, keterbatasan fasilitas, dan resistensi siswa. Diperlukan pelatihan guru, peningkatan sarana, dan strategi yang lebih menarik untuk efektivitas pembelajaran.

Referensi

Amin, R. (2023). Inovasi Pembelajaran PAI dalam Konteks Digital. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Hasan, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Agama Islam. Bandung: Pustaka Edukasi.

Majid, A. (2019). Strategi Pembelajaran Tematik di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Andi Publisher.

Miles, M. & Huberman, A. (2014). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Putra, D. (2022). Tantangan Guru dalam Implementasi Pembelajaran Tematik. Jakarta: Gramedia.

Rahman, F. (2020). Metode dan Strategi Pengajaran PAI di Sekolah. Surabaya: Laksana Media.

Sudjana, N. (2018). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Diterbitkan
2025-03-07