STRATEGI PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS PEMBELAJARAN TEMATIK DI SMA 5 KOTA BENGKULU: STUDI PADA PROGRAM PLP TEMATIK KELOMPOK 73
Abstrak
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA 5 Kota Bengkulu menerapkan strategi tematik untuk mengaitkan ajaran Islam dengan kehidupan sehari-hari siswa. Studi ini menganalisis strategi pengajaran, kendala, serta dampak pembelajaran tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi integrasi nilai agama, diskusi, dan proyek meningkatkan pemahaman siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kendala utama meliputi kurangnya pemahaman guru, keterbatasan fasilitas, dan resistensi siswa. Diperlukan pelatihan guru, peningkatan sarana, dan strategi yang lebih menarik untuk efektivitas pembelajaran.
Referensi
Amin, R. (2023). Inovasi Pembelajaran PAI dalam Konteks Digital. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Hasan, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Agama Islam. Bandung: Pustaka Edukasi.
Majid, A. (2019). Strategi Pembelajaran Tematik di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Andi Publisher.
Miles, M. & Huberman, A. (2014). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications.
Putra, D. (2022). Tantangan Guru dalam Implementasi Pembelajaran Tematik. Jakarta: Gramedia.
Rahman, F. (2020). Metode dan Strategi Pengajaran PAI di Sekolah. Surabaya: Laksana Media.
Sudjana, N. (2018). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##