EFEKTIVITAS KEGIATAN MA'HAD MTS NUR RAHMA KOTA BENGKULU DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA

  • Dina Putri Juni Astuti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Yolanda Mardianti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Shelda Tenri Bela Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Muhammad Raihan Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Puspa Dwi Putri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Ma'had, Akhlak Siswa, Pendidikan Karakter, MTs Nur Rahma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kegiatan Ma'had di MTs Nur Rahma Kota Bengkulu dalam meningkatkan akhlak siswa. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program di Ma'had, seperti tahfidzul Qur'an, kajian keislaman, pembiasaan ibadah, dan pembinaan karakter, memiliki peran signifikan dalam membentuk akhlak siswa yang lebih baik. Faktor pendukung efektivitas kegiatan ini meliputi peran guru, lingkungan yang kondusif, serta dukungan dari orang tua. Namun, terdapat pula kendala seperti kurangnya partisipasi siswa dalam beberapa kegiatan dan keterbatasan fasilitas. Penelitian ini merekomendasikan penguatan strategi pembelajaran yang lebih inovatif serta peningkatan sarana dan prasarana guna meningkatkan efektivitas kegiatan Ma'had dalam membentuk karakter siswa

Referensi

Azra, A. (2015). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Zaman. Jakarta: Kencana.

Hidayat, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Lembaga Ma’had. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 45-60.

Syamsuddin, A. (2018). Pendidikan Akhlak di Pesantren Modern. Bandung: Mizan.

Rahman, T. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Siswa di Lingkungan Ma’had. Jurnal Studi Islam, 7(1), 89-104.

Yusri, M. (2020). Peran Keluarga dalam Pembentukan Karakter Islami Anak. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 123-140.

Sulaiman, R. (2021). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jakarta: Rajawali Press.

Fauzi, A. (2022). Pendidikan Karakter di Era Globalisasi: Studi Kasus di Pesantren. Jurnal Tarbiyah, 9(3), 75-90.

Nasution, M. (2023). Evaluasi Efektivitas Program Ma’had dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 55-72.

Diterbitkan
2025-03-18