MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SMP 6 KOTA BENGKULU

  • Dedi Efrizal Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Dwi Rizki Rahmadani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Gina Salsabila Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Muhammad Safii Siregar Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, SMP 6 Kota Bengkulu, Etika, Moral, Sosial

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk membentuk kepribadian siswa agar memiliki nilai moral, etika, serta tanggung jawab sosial yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter di SMP 6 Kota Bengkulu serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter di sekolah ini telah dilakukan melalui berbagai kegiatan, baik di dalam maupun di luar kelas, seperti program literasi, kegiatan ekstrakurikuler, serta pendekatan berbasis nilai dalam proses pembelajaran. Namun, masih terdapat beberapa tantangan, seperti kurangnya keterlibatan orang tua dan keterbatasan sumber daya sekolah. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam meningkatkan efektivitas pendidikan karakter pada siswa.

Referensi

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2017). What Works in Character Education. Journal of Research in Character Education, 5(1), 29-48.

Haidt, J. (2020). The Righteous Mind: Why Good People Are Divided by Politics and Religion. Vintage.

Lickona, T. (2019). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Mayer, R. E. (2019). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Narvaez, D. (2021). Moral Development in a Digital Age: The Future of Character Education. Journal of Moral Education, 50(3), 287-302.

Rest, J., Narvaez, D., Bebeau, M., & Thoma, S. (2018). Postconventional Moral Thinking: A Neo-Kohlbergian Approach. Routledge.

Vygotsky, L. S. (2017). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Diterbitkan
2025-03-18