MODEL MIND MAPPING BERBANTUKAN IMAGE MEDIA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SDN 79 KOTA BENGKULU

  • Nova Asvio Nova Asvio Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Nike Pratami Mareta Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Bobi Endiko Saputra Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Claresa Agustini Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Kata Kunci: Model Mind Mapping, Image Media, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan menggunakan model mind mapping berbantukan image media di kelas V SDN 79 Kota Bengkulu. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan yakni kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, saat pembelajaran dengan model pembelajaran model mind mapping berbantukan image media dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V di SDN 79 Kota Bengkulu sudah sering dilakukan oleh guru IPA kelas V, dengan begitupun pembelajaran yang disampaikan oleh guru mudah diterima oleh siswa. Dan guru pun dengan mudah menjelaskannya kepada siswa. Selain itu model mind mapping dengan berbantukan image media ini sangat efektif ketika belajar di kelas apalagi dalam pembelajaran IPA, yang mana pembelajaran ini biasanya lebih dominan terhadap gambar. Jadi ketika menggunakan mind mapping tersebut akan lebih memudahkan siswa serta guru dalam memberikan materi dan memahami materi yang diberikan. Namun, diluar dari itu semua kita juga harus menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, serta media pembelajaran yang dibutuhkan untuk membantu tercapainya seluruh aspek perkembangan siswa.

Referensi

Afridzal, Aulia.2018. Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar Dan Video Animasi Pada Materi Karangan Deskripsi Di Kelas Iii SD Negeri 28 Banda Aceh, 5(2).

Aresta, Marisa. 2020. Pengaruh Model Learnig Cycle 5e Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V, 1(1)

Astuti, Pudji Tri.2019. Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Journal. 3(1).

Chairudin, M. (2024). Dinamika Pembaharuan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(02), 518-526.

Diterbitkan
2025-03-22