IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SILAT UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK KASAR PADA PESERTA DIDIK DI SDN 76 KOTA BENGKULU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kegiatan ekstrakurikuler silat dalam melatih keterampilan psikomotorik kasar pada peserta didik di SDN 76 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler silat dapat meningkatkan keterampilan psikomotorik kasar peserta didik, seperti keseimbangan, koordinasi gerak, kekuatan otot, dan fleksibilitas. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan dampak positif terhadap disiplin dan kepercayaan diri peserta didik. Implementasi kegiatan ini didukung oleh ketersediaan fasilitas, kompetensi pelatih, serta partisipasi aktif peserta didik. Namun, terdapat kendala dalam hal keterbatasan waktu latihan dan kurangnya dukungan dari orang tua. Kesimpulannya, kegiatan ekstrakurikuler silat efektif dalam melatih keterampilan psikomotorik kasar dan perlu dukungan lebih lanjut untuk meningkatkan efektivitasnya.
Referensi
Chairudin, M. (2020). Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. Dr. Hm Quraish Shihab, Ma. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Pendidikan Islam, 6(6), 51-65.
Fauzan, R. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler pencak silat terhadap kemampuan motorik kasar siswa MAN Insan Cendekia. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(2), 123-135.
Fadirah, N., & Setyowati, L. (2021). Kontribusi ekstrakurikuler pencak silat terhadap prestasi olahraga anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Surabaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 45-58.
Handayani, T. (2022). Peran pendidikan jasmani dalam pengembangan keterampilan motorik anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, 10(3), 112-126.
Hidayat, M. (2020). Pencak silat sebagai media pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Seni Bela Diri Indonesia, 7(2), 89-100.
Putra, A. (2023). Implementasi ekstrakurikuler pencak silat dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar siswa SDN 76 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 77-91.
Rahmawati, S., & Prasetyo, T. (2023). Latihan rutin pencak silat dan peningkatan keterampilan motorik kasar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Olahraga, 11(2), 134-149.
Saputra, D. (2021). Perkembangan motorik dan sosial anak melalui pendidikan jasmani dan olahraga. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(4), 201-215.
Setiawan, R. (2023). Efektivitas program ekstrakurikuler pencak silat dalam pengembangan motorik kasar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 12(1), 65-80.
Suroto, B. (2022). Pendidikan jasmani sebagai sarana pengembangan keterampilan motorik kasar pada anak usia sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(3), 98-113.
Suryadi, F., & Kurniawan, T. (2022). Dampak gerak teknik dasar pencak silat terhadap perkembangan kemampuan motorik siswa usia 10-12 tahun di SDN Wonokerto 4. Jurnal Sport Science, 15(2), 78-92.
Yusuf, M., & Wahyudi, L. (2021). Dampak pendidikan jasmani terhadap perkembangan fisik dan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 8(3), 156-170
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##