PENGARUH MEDIA DAN PROMOSI PEMASARAN TERHADAP PEMANFAATAN JASA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI OLEH MAHASISWA DI INSTITUT AGAMA ISLAM QOMARUDDIN GRESIK

  • Muttaqin Khabibullah
Keywords: Media Pemasaran, Promosi Pemasaran, Pemanfaatan Jasa Layanan Pendidikan Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh media pemasaran secara parsial terhadap pemanfaatan jasa layanan pendidikan tinggi oleh mahasiswa di IAIQ Gresik; pengaruh promosi pemasaran secara parsial terhadap pemanfaatan jasa layanan pendidikan tinggi oleh mahasiswa di IAIQ Gresik; dan pengaruh media pemasaran dan promosi pemasaran secara simultan terhadap pemanfaatan jasa layanan pendidikan tinggi oleh mahasiswa di IAIQ Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data menggunakan kesioner yang disusun secara terstruktur dengan pernyataan tertutup dengan menggunakan skala likert. Teknik penentuan sampel menggunakan simple randon sampling dengan besaran margin of error sebesar 5 persen. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: pertama, secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara media pemasaran terhadap pemanfaatan jasa layanan pendidikan tinggi oleh mahasiswa di IAIQ Gresik; kedua, secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara promosi pemasaran terhadap pemanfaatan jasa layanan pendidikan tinggi oleh mahasiswa di IAIQ Gresik; dan ketiga, secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara media pemasaran dan promosi pemasaran terhadap pemanfaatan jasa layanan pendidikan tinggi oleh mahasiswa di IAIQ Gresik.
Kata Kunci: Media Pemasaran, Promosi Pemasaran, Pemanfaatan Jasa Layanan Pendidikan Tinggi

Published
2019-08-18
How to Cite
Khabibullah, M. (2019). PENGARUH MEDIA DAN PROMOSI PEMASARAN TERHADAP PEMANFAATAN JASA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI OLEH MAHASISWA DI INSTITUT AGAMA ISLAM QOMARUDDIN GRESIK. Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 5(2), 106-123. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qiema/article/view/3442
Section
Articles