Pengaruh Pola Asuh, Kurikulum, Kelompok Sebaya dan Media Massa Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gresik (UNIGRES)
Abstract
Berwirausaha merupakan salah satu pilihan alternatif ketika persaingan kerja semakin ketat. Akan tetapi tidak semua orang memiliki minat yang tinggi dalam bidang kewirausahaan. Tentu akan menjadi suatu tantangan bagi mahasiswa dalam memilih bekerja untuk orang lain atau membangun usaha sendiri. Sebenarnya terdapat banyak faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha, salah satunya adalah faktor lingkungan eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah lingkungan eksternal memberikan pengaruh terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi. Sampel yang diambil sebanyak 160 responden ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan secara parsial antara pola asuh orangtua dan kurikulum terhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan nilai terhitung sebesar 0,859 dan 0,734 dengan nilai signifikansi masing-masing 0,392 dan 0,464. Sedangkan untuk kelompok sebaya dan media massa memberikan pengaruh yang signifikan dengan nilai thitung sebesar 5,287 dan 2,517 dengan nilai signifikansi masingmasing 0,000 dan 0,013. Secara simultan lingkungan eksternal memberikan pengaruh sebesar 33% terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
Copyright (c) 2025 Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.