MANAJEMEN MADRASAH YANG IDIAL

  • Abdullah Zawawi SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM RADEN QOSIM (STAIRA) LAMONGAN

Abstract

Kata "madrasah" dalam bahasa Arab adalah bentuk kata "keterangan tempat" (zharaf makan) dari akar kata "darasa". Secara harfiah "madrasah" diartikan sebagai "tempat belajar para pelajar", atau "tempat untuk memberikan pelajaran". Dari akar kata "darasa" juga bisa diturunkan kata "midras" yang mempunyai arti "buku yang dipelajari" atau "tempat belajar"; kata "al-midras" juga diartikan sebagai "rumah untuk mempelajari kitab Taurat’. Problematika madrasah antara lain; (1) Ketidakjelasan Misi, Visi dan Tujuan Madrasah, (2) Ketidakjelasan struktur dan Tata Kerja, (3) Kurangnya keterlibatan madrasah, (4) Lemahnya jaringan (Network), (5) Lemahnya manajemen. Untuk mengatasi problematika kelemahan madrasah di atas setidak-tidaknya ada tiga pendekatan yang bisa ditawarkan, antara lain; (1) Islamisasi ilmu pengetahuan, (2) Legalitas kelembagaan, (3) Kurikulum pendidikan dan kualitas pendidik

References

Sunhaji. Manajemen Madrasah. Yogyakarta: Grafindo Litera Media, 2006.

Mujamil Qomar. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2007.

Suharsimi Arikunto, Lia Yuliana. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta, 2008.

Published
2014-08-01