SISTEM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH ALAM
Abstract
Pendidikan tidak mengenal ruang dan waktu serta tidak di batasi tebalnya tembok sekolah dan sempitnya waktu belajar dikelas. Pendidikan berlangsung kapan saja serta dilakukan dimana saja termasuk di sekolah alam. Disekolah alam sendiri terdapat sistem pembelajaran yang menjadi kunci sukses tidaknya pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pembelajaran matematika di SMP Sekolah Alam Bandung (SAB) dalam konteks: kurikulum di SMP Sekolah Alam Bandung (SAB), perencanaan pembelajaran matematika di SMP Sekolah Alam Bandung (SAB), pelaksanaan pembelajaran matematika di SMP Sekolah Alam Bandung (SAB), penilaian pembelajaran matematika di SMP Sekolah Alam Bandung (SAB).Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan pada objek tertentu secara jelas dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pembelajaran matematika di SMP Sekolah Alam Bandung (SAB). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dari hasil penelitian di analisis secara deskriptif dan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: kurikulum matematika di SMP Alam Bandung, sangat baik (95, 01%), perencanaan pembelajaran matematika di SMP Alam Bandung, baik (75,6 %), pelaksanaan pembelajaran matematika di SMP Alam Bandung, sangat baik (89,2 %), penilaian pembelajaran matematika di SMP Alam Bandung, baik (75%).Â
References
Arifin, Zaenal. Metodologi Penelitian Pendidikan. (Surabaya: Lentera Cendekia, 2008).
Depdiknas. Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
Depdiknas. Undang-Undang RI tentang Standar Pendidikan Nasional. (Jakarta: 2003)
Departemen Agama RI. Undang-Undang Dasar Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. (Jakarta: 2003)
Pribadi, Benny A. Model Desain Sistem Pembelajaran. (Jakarta: Dian Rakyat, 2009).
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. (Bandung : Rosda Karya, 2007).
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. (Jakarta: Kencana, 2010),
Sukmadinta, N.S. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).