URGENSI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

  • Ahmad Afan Zaini SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM RADEN QOSIM (STAIRA) LAMONGAN

Abstrak

Banyak muncul pertanyaan apa perbedaan manajemen pendidikan Islam dengan manajemen pendidikan lainnya. Misalnya adanya manajemen pendidikan umum memang secara general sama. Artinya ada banyak atau bahkan mayoritas kaidah-kaidah menejerial yang dapat digunakan oleh seluruh mamajemen, namun secara spesifik terdapat kekhususan-kekhususan yang membutuhkan penanganan yang spesial pula. Inti manajemen dalam bidang apapun sama, hanya saja variabel yang dihadapinya berbeda tergantung pada bidang apa manajemen tersebut digunakan dan dikembangkan. Perbedaan variabel ini membawa perbedaan kultur yang kemudian memunculkan perbedaan.

Referensi

Hafidudin, Didin dan Tanjung, Hendri, Manajemen Syariah dalam Prkatik, Jakarta: Gema Insani. 2003.

Mahdi bin Ibrahim, Amanah dalam Manajemen, Jakarta: Pustaka Al Kautsar. 1997.

Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta: Gema Insani. 2005.

Pidarta, Made, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta. 2004.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia. 2008.

Robbin dan Coulter, Manajemen (edisi kedelapan), Jakarta: PT. Indeks. 2007.

Siagian, Sondang P., Filsafah Administrasi, Jakarta: CV Masaagung. 1990.

Sufyarman, Kapita Selekta Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: Alfabeta. 2003.

Terry, George R.,. Prinsip-prinsip Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara. 2006

Yayasan Bina’ Muwahhidin, Al Qur’an dan Terjemah, Surabaya: Sukses Publishing. 2012.

Diterbitkan
2015-03-01
Bagian
Articles