Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI di SD IT Abata Lombok

  • Andrian Firdaus STAI Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat NTB

Abstract

Minimnya perhatian orang tua diduga dapat menyebabkan minat belajar redah yang berakibat hasil belajar menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua terhadapa minat belajar siswa kelas VI di SD IT ABATA LOMBOK Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif tipe korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 siswa. Pengambilan sampel adalah dengan metode Total Samping. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisoner (angket). Uji hipotesis penelitian menggunakan rumus Pearson Correlation. Hasil analisis data diperoleh nilai uji korelasi 0,85 yang berada pada interval koefisien sangat tinggi dengan p = 0.000 (p < 0.05). Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara perhatian orang tua dengan minta belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hubungan perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa kelas IV VI di SD IT ABATA LOMBOK Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Hasil Belajar, Minat Belajar, Perhatian Orang Tua.
Published
2020-12-29
How to Cite
Firdaus, A. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI di SD IT Abata Lombok . Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 5(02), 202-207. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alamin/article/view/5268

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.