Manajemen Pepustakaan Sekolah (Studi Manajemen)

  • Syamsul Hadi

Abstrak

Manajemen berasal dari kata bahasa Inggris “management†dengan kata kerja to manage yang secara umum berarti mengurusi, memimpin, mengelola. Kata “manajemen†mengandung makna memimpin dan kepemimpinan. Oleh karenanya, manajemen perpustakaan sekolah mengandung makna “memimpin perpustakaan sekolah dan “kepemimpinan perpustakaan sekolahâ€Manajemen pada hakekatnya  merupakan suatu kegiatan memimpin dan kepemimpinan untuk mencapai tujuan organisasi melalui kegiatan/menggerakkan orang-orang lain. Perpustakaan merupakan standar sarana minimal pelayanan sekolah (Penjelasan  Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 35 Ayat (1). Sebagai sarana pelayanan minimal sekolah, perpustakaan dapat diarahkan pada kegiatan belajar di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Agar perpustakaan dapat didayagunakan secara maksimal sesuai dengan tujuan dan fungsi perpustakaan sekolah, maka diperlukan manajemen perpustakaan sekolah yang memadai. Perpustakaan sekolah adalah  perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan, dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan. Secara spesifik, tujuan perpustakaan sekolah tertuang dalam SNI Perpustakaan Sekolah 7329-2009, yaitu bertujuan â€menyediakan pusat sumber belajar sehingga dapat membantu pengembangan dan peningkatan minat baca, literasi informasi, bakat serta kemampuan peserta didik.â€
Diterbitkan
2021-06-13

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##