Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) Kelas XI di MA NW Dames Tahun pelajaran 2020/2021
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) Kelas XI di MA NW Dames tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MA NW Dames Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2020/2021, yang berjumlah 42 orang. Mengingat jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100, maka penelitian ini menggunakan penelitian populasi, dimana populasi yang dimaksud sekaligus menjadi sampel dalam penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata (mean) yang kelas eksperimen yaitu 83,80 sedangkan rata-rata (mean) yang diperoleh kelas kontrol yaitu 63,28. Dari nilai rata-rata hasil tersebut diketahui bahwa kelas eksperimen yang diajarkan dengan tak diiziinkan menggunakan handphone memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajarkan dengan diizinkan menggunakan handphone. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Chi Kuadrat menunjukkan nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Untuk kelas eksperimen nilai χ2 hitung (9,3630) < χ2 tabel (11,070) dan kelas kontrol nilai χ2 hitung (7,1308) < χ2 tabel (11,070). Sedangkan untuk mencari homogenitasnya menggunakan rumus uji F yang menunjukkan bahwa kedua kelompok mempunyai keadaan yang homogen dilihat dari nilai Fhitung (1,193) < Ftabel (2,12). Sementara untuk uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. Dari data uji-t dengan rumus separated varians dan polled varians diperoleh thitung > ttabel (6.753 dan 6.953 >2,021). Dengan demikian, proses pembelajaran yang tidak diizinkan menggunakan handphone dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Diterbitkan
2021-06-13
##submission.howToCite##
Yuliana, E., & Nurfiani, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) Kelas XI di MA NW Dames Tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Al-Amin: Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 6(01), 59-68. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alamin/article/view/4156
Bagian
Articles