Penerapan Metode Explicit Instruction dengan Tipe Learning Start With A Question dalam Mata Pelajaran Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VII MTs NW Buntaji Tahun Pelajaran 2020/2021

  • Suburiah Aan Hikmah

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui cara menerapkan metode explicit instruction dengan tipe learning start with a question dalam mata pelajaran qur’an hadits pada siswa kelas VII MTs NW Buntaji tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian yang digunakan di sini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Dalam istilah aslinya, penelitian tindakan kelas disebut Classroom Action Research dan memiliki empat tahap yaitu: Planning (perencanaan), Action (Tindakan), Observation (Pengamatan), dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya adalah, observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes (Evaluasi) pada siklus I menunjukan bahwa terdapat  9 siswa yang belum mencapai ketuntasan individu dan 6 siswa mencapai ketuntasan belajar dari 15 siswa, persentase ketuntasan belajar yang dicapai siswa sebesar 40% dan skor rata-rata 66,3. Ketuntasan klasikal belum tercapai sebagaimana yang diharapkan > 65%. Pada siklus II hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata skor 76,3 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 80%. Hal ini menunjukkan bahwa telah tercapai ketuntasan belajar siswa sebagaimana yang ditargetkan dalam kurikulum, yaitu persentase ketuntasan belajar siswa minimal 65%.
Diterbitkan
2021-06-13

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##