Peran Status Ekonomi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMK Babussalam Montong Sari Lombok Timur

  • Budi Mansur

Abstrak

Jurnal ini membahas tentang peran status ekonomi dalam meningkatkan prestasi belajar dan akan memfokuskan penelitian pada dua aspek yaitu Bagaimana bentuk status sosial ekonomi orang tua siswa di SMK Babussalam Kecamatan Jeruwaru Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Bagaimana peran status sosial ekonomi orang tua siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Babussalam Montong Sari Kecamatan Jeruwaru Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam kajian pustaka sebagai dasar memperkuat teori dalam penelitian ini memaparkan beberapa hal tentang: pengertian tingkat status sosial ekonomi orang tua, lndikator tingkat status sosial ekonomi orang tua, hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan sikap pergaulan siswa, pengertian prestasi belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan beberapa metode di dalam mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara sedangkan untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan waktu dan bertanya pada teman sejawat. Sedangkan data yang didapat dalam dalam penelitian ini adalah yang berhubungan dengan rumusan masalah. Sedangkan kesimpulan dari penelitian ini berisi tentang:  bahwa bentuk status sosial ekonomi orang tua siswa bervariasi yaitu tergolong orang kaya dan miskin artinya tidak ada yang memiliki penghasilan yang sangat tinggi maupun penghasilan yang sangat rendah. Sedangkan peran status orang tua siswa sangat membantu proses dan kelancaran belajar hal itu dapat dilihat dari: orang tua gemar menyumbang, mampu menunjang pasilitas belajar anak, tidak menonggak pembayaran, pakaian sisiwa terlihat bersih dan rapi dan gemar menabung.
Diterbitkan
2021-07-07

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##