IMPLEMENTASI METODE MUBASYARAH DALAM MENINGKATKAN KEMANPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MI NW SUELA

  • Ariadi Muliansyah Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
  • Muh Zulkifli Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur
  • Amira Asmalayali Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Keywords: Metode Mubasyarah, Keterampilan Berbicara

Abstract

Metode  mubasyarah  yaitu cara menyajikan bahan pelajaran bahasa Arab melalui percakapan. Percakapan tersebut akan disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari pada proses pembelajaran yang akan berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif exspost facto, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel Pengaruh Metode  mubasyarah  dan Variabel Keterampilan Berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode  mubasyarah  terhadap keterampilan berbicara siswa  Kelas VI MI NW Suela . Sampelnya adalah siswa kelas V yang berjumlah 18 siswa. Uji prasyaratan analisis digunakan uji normalitas dan uji linearitas, Sementara untuk uji hipotesis digunakan teknik analisis regresi sederhana.Hasil analisis membuktikan bahwa Metode  mubasyarah  secara langsung berpengaruh signifikan secara positif terhadap keterampilan berbicara bahasa arab siswa. Berdasarkan nilai t: diketahui nilai Sig. Untuk pengaruh metode  mubasyarah  (X) terhadap keterampilan berbicara (Y) adalah sebesar 0,000 < 0.05 dan nilai t hitung sebesar 2,790 > t tabel 2.052. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh metode  mubasyarah  terhadap keterampilan berbicara bahasa arab.

References

Asrori, I. 2014. Strategi Belajar Arab: Teori & Praktek. Malang: CV. Misykat.
Fahrurozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. 1(2). 7.
Hidayat, N.S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Pemikiran Islam, 37(1) 83.
Moleong, Lexy J. , 2005. Metode penelitian kualitatif, Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Mustofa, H. B. 2020. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab . Malang: CV UIN Maliki Press.
Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
_________, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. ALFABETA.
Umbu Z,Aprianus & Arifin, Z. 2020. Metodologi Penelitian Ilmiah. Jogjakarta: CV KMB Indonesia.
Published
2022-09-30
How to Cite
Ariadi Muliansyah, Muh Zulkifli, & Amira Asmalayali. (2022). IMPLEMENTASI METODE MUBASYARAH DALAM MENINGKATKAN KEMANPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MI NW SUELA. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 3(3), 91-101. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i3.5298

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.