PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (LKPBM)

  • Nining Purwati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram

Abstract

Keterampilan berpikir kritis perlu dikuasai oleh setiap orang karena dapat digunakan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dalam pengambilan keputusan yang bijaksana dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa pun diharapkan memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih dibandingkan dengan siswa SMA atau pun SMP. Berkaitan dengan hal tersebut, seorang dosen dituntut untuk mampu menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa.  Lembar Kegiatan Pembelajaran Berbasis Masalah (LKPBM) merupakan lembar kegiatan mahasiswa yang dikemas sedemikian rupa dalam strategi pembelajaran berbasis masalah. Terkait dengan upaya peningkatan kemampuan berpikiri kritis, LKPBM dapat digunakan sebagai media alternatif. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah, LKPBM

References

Adnyana, B.P., Implementasi Lembar Kegiatan Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai Asesmen Alternatif pada Pendidikan Menengah. Makalah disajikan dalam Semiloka FMIPA IKIP Negeri Singaraja. Singaraja: 27 November 2004.

Achmad, Arief, Memahami Berpikir Kritis, 2007. www.PendidikanNetwork.com. Diakses 5 Desember 2010.

Arends, R.I. Learning to Teach. Sixth Edition, New York: McGraw-Hill Companies, 2004.

Blanchard, A., Contextual Teaching and Learning, BEST, 2001.

Hamalik, O., Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2001.

Ibrahim, M. dan M. Nur, Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press, 2000.

Marpaung, Rini Rita T., Penggunaan Lembar Kegiatan Pembelajaran Berbasis Masalah (LKPBM) sebagai Asesmen Alternatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa kelas VII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang, 2005.

Published
2016-07-23