PONDOK PESANTREN SEBAGAI ORGANISASI PEMBELAJARAN KEPEMIMPINAN
Abstrak
Kondisi yang heterogen dalam dunia pondok pesantren memberikan sebuah peluang pembelajaran yang multikural, baik pendidikannya maupun dalam pergaulan masyarakt pesantren. dengan kondisi yang multikultural, proses interaksi dengan orang lain, dan mempelajari watak dari setiap orang memberikan peluang setiap orang untuk berkembang, baik cara berpikir, bertingkahlaku, memutuskan sesuatu, dan lain sebagainya. Dengan sistem pendidikan 24 jam, memberikan ruang bagi kyai untuk mendelegasikan beberapa komponen kepemimpinan dalam pondok pesantren dengan memberikan wewenang kepada pembina dan santri senior untuk memimpin santri selama 24 jam. Mereka tidak hanya sekedar memimpin tapi juga sambil belajar. Dengan itu, dapat menelurkan pemimpin-pemimpin yang tidak hanya sekedar puas dengan memimpin, tapi terus belajar untuk memimpin, terutama berkaitan dengan moral sebagai seorang pemimpin.Referensi
al-Bukahri, Muhammad ibn Isma’il ibn Ibrahin ibn al-Mugirah.1999. Shahih al-Bukhari. Beirut: Dar al-Fikr.
al-Naisaburi, Muslim ibn al-Hajjaj Abu al-Hasan al-Qusyairi. 2000. Shahih Muslim. Beirut : Dar al-Fikr.
al-Sajistani, Abu Dawud Sulaiman ibn Ashash ibn Ishaq Ibn Basyir ibn Syaddad ibn ‘Amr al-Azdy. 2000. Sunan Abu Dawud. Beirut: Darul Fikr.
Basyarahil, Thariq M. as-suwai dan Faisal Umar. 2002. Melahirkan Pemimpin Masa Depan. Jakarta: GIP.
Covey, Stephen. The 8th habit from effectivness to Greatness. London: Simon & Schuster UK LTD.
Gordon, Thomas, 1997. Menjadi Pemimpin Efektif: Dasar untuk Manajemen Partisipatif dan Keterlibatan karyawan, terj. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Marquardt, MJ . 1996. Building The Learning Organization. McGraw Hill Companies.
Muhaimin. 2009. Manajemen Pendidikan; Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Permadi, Dadi. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Mandiri Kepala Sekolah. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa.
Senge, Peter M.. 1996. Fifth Discipline, terj. Jakarta: Binarupa Aksara.
Swanson, Richard A dan Holton, Elwood, F. 2001. Foundation of Human Resource Development. San Fransisco: Berrett-Koehler Publisher, Inc.
Syafi’I, Antonio. 2009. Muhammad SAW The Super Leader, Super Manager, Jakarta: Tazkia Publishing.
Terry, George R. 2006. Prinsip-Prinsip Manajemen, Terj. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuhdi, Darmiyati, et.al. 2010. Pendidikan Karakter dengan pendekatan konperehensif. Yogyakarta: UNY Press.
al-Naisaburi, Muslim ibn al-Hajjaj Abu al-Hasan al-Qusyairi. 2000. Shahih Muslim. Beirut : Dar al-Fikr.
al-Sajistani, Abu Dawud Sulaiman ibn Ashash ibn Ishaq Ibn Basyir ibn Syaddad ibn ‘Amr al-Azdy. 2000. Sunan Abu Dawud. Beirut: Darul Fikr.
Basyarahil, Thariq M. as-suwai dan Faisal Umar. 2002. Melahirkan Pemimpin Masa Depan. Jakarta: GIP.
Covey, Stephen. The 8th habit from effectivness to Greatness. London: Simon & Schuster UK LTD.
Gordon, Thomas, 1997. Menjadi Pemimpin Efektif: Dasar untuk Manajemen Partisipatif dan Keterlibatan karyawan, terj. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Marquardt, MJ . 1996. Building The Learning Organization. McGraw Hill Companies.
Muhaimin. 2009. Manajemen Pendidikan; Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Permadi, Dadi. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Mandiri Kepala Sekolah. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa.
Senge, Peter M.. 1996. Fifth Discipline, terj. Jakarta: Binarupa Aksara.
Swanson, Richard A dan Holton, Elwood, F. 2001. Foundation of Human Resource Development. San Fransisco: Berrett-Koehler Publisher, Inc.
Syafi’I, Antonio. 2009. Muhammad SAW The Super Leader, Super Manager, Jakarta: Tazkia Publishing.
Terry, George R. 2006. Prinsip-Prinsip Manajemen, Terj. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuhdi, Darmiyati, et.al. 2010. Pendidikan Karakter dengan pendekatan konperehensif. Yogyakarta: UNY Press.
Diterbitkan
2018-02-26
Terbitan
Bagian
Articles
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).