MANAJEMEN PENDIDIKAN MA’HAD ALY
(STUDI KASUS DI MA’HAD ALY DARUL HIKMAH PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM KEDIRI LOMBOK BARAT NTB)
Abstrak
Sistem pendidikan pesantren adalah salah satu model pendidikan Islam yang berkembang di Indonesia sejak lama yang memiliki ciri dan karakter yang khas. Dengan model pembelajaran yang paling masyhur dikenal dengan istilah sorogan dan bandongan. Sejalan dengan perkembangan zaman, dinamika pendidikan islam di Indonesia menjadi kajian menarik para peneliti dan pakar pendidikan dan pemerintah yang mempertanyakan eksistensi dan efektivitas sistem pembelajaran tersebut. Penelitian ini berusaha menggali relevansi manajemen pendidikan ma’had aly dari sisi perencanaan, pelaksanaan dan proses, serta sistem evaluasi pembelajaran. Dan dihubungan dengan output dan outcome yang sejalan dengan tuntutan terhadap dunia pendidikan saat ini. Berdasarkan hasil penelitian manajemen pendidikan di Ma’had Aly Darul Hikmah sejalan dengan tujuan pendidikan islam secara umum. Namun dari sisi perencanaan, proses dan sistem evaluasi belum sejalan dengan konsep manajemen pendidikan modern. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti, kurikulum yang berbeda dan tidak berstandar kurikulum nasional, model pembelajaran dengan metode wetonan dan bahsul masail, SDM dan Sarana dan prasarana yang terbatas, dan sistem evaluasi hanya terbatas pada sistem evaluasi formatif dan sumatif. Sinergi sistem pendidikan ma’had aly dengan sistem pendidikan modern akan lebih meningkatkan kualitas pendidikan ma’had aly yang lebih measurable, peningkatan kemampaun konsep dan praktis secara ilmiah dan kualitas pengelolaan pendidikan yang lebih baik.Referensi
Abdurrahman Wahid, Bunga Rampai Pesantren (Jakarta: Darma Bakti, 1994).
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005 ).
Abin Syamsudin Makmun, Pengelolaan Pendidikan, (Bandung, Pustaka Eduka, 2010).
Ahmad, D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: Al-Ma’rif, 1989), 19.
Bagian Proyek Peningkatan Ma`had 'Aly, Naskah Kurikulum Ma'had 'Aly, (Jakarta: Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam Depertemen Agama RI 2004).
E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006),251.
Fatah Syukur, "Ma'had 'Aly Lembaga Tinggi Pesantren Pencetak Kader Ulama' (Studi di Pesantren Ma'had 'Aly Situbondo dan Pesantren Al-Hikmah 2 Brebes," Forum Tarbiyah 2 (Desember 2007).
H.Mahmud, Model-Model Kegiatan di Pesantren (Tangerang: Media Nusantara, 2006).
Hasbi Indra, Pesantren Dan Transformasi Sosial (Jakarta: Penamadani, 2003).
http://vhocket.wordpress.com/2015/012/22/konsep-dan-penerapan-fungsi-fungsi-manajemen-pendidikan-di-lembaga-pendidikan/
Hujair A.H. Sanaky, Paradigma Pendidikan Islam: Membangun Masyarakat Madani Indonesia (Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2003).
Indah Komsiyah, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Teras, 2012).
L. Sisk, Principles of Management a System Appoach to The Management Proces, (Chicago: Publishing Company, 1969).
Lexy J. Moleong, Metodologi penelitian kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1995).
M. Ishom El-Saha, The Power Of Mahasantri Civilization: Melejitkan Daya Tawar Pesantren (Jakarta Pustaka Mutiara, 2008).
M. Yusuf Hamdani, Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren: Studi Kasus pada Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin di Krapyak Wetan Yogyakarta, Tesis (UIN Sunan Kali Jaga, Yogyakarta, 2009).
Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen; Dasar, Pengertian, dan Masalah, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007).
Mansur, Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstekstual, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2007),163.
Marwan Saridjo, Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa Tinjauan Kebijkan Publik Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia, (Bogor: Yayasan Ngali Aksara dan al Manar Press, 2011).
Matthew B. Miles and A. Micheal Huberman, Analisis Data Kualitatif, Terj. Tjetjep RohendiRohidi ( Jakarta: UI-Press, 1992).
Mohd. Rafi Riyawi, Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam, Tinjauan Manajemen Pendidikan, Tesis ( UIN Sultan Syarif Kasim Riau: pekanbaru,2010).
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia no. 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, 15.
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang standar proses.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kualitati, Kuantitatif, R &D) ( Jakarta: CV. Alfa Beta, 2008).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Pendekatan Peraktik, (Jakarta: Reineka Cipta karya, 1998).
Surachmad, W. 1982. PengantarPenelitian. (Bandung: Tarsito 2006).
Suryobroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009).
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta : Rineka Cipta, 2000).
Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2010).
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan.
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011).
Zulkarnain, Pembelajaran Fiqih Di Ma’had Aly Darul Hikmah Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lombok Barat NTB (Tesis, Universitas Muhammadiyah, Malang, 2007).
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005 ).
Abin Syamsudin Makmun, Pengelolaan Pendidikan, (Bandung, Pustaka Eduka, 2010).
Ahmad, D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: Al-Ma’rif, 1989), 19.
Bagian Proyek Peningkatan Ma`had 'Aly, Naskah Kurikulum Ma'had 'Aly, (Jakarta: Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam Depertemen Agama RI 2004).
E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006),251.
Fatah Syukur, "Ma'had 'Aly Lembaga Tinggi Pesantren Pencetak Kader Ulama' (Studi di Pesantren Ma'had 'Aly Situbondo dan Pesantren Al-Hikmah 2 Brebes," Forum Tarbiyah 2 (Desember 2007).
H.Mahmud, Model-Model Kegiatan di Pesantren (Tangerang: Media Nusantara, 2006).
Hasbi Indra, Pesantren Dan Transformasi Sosial (Jakarta: Penamadani, 2003).
http://vhocket.wordpress.com/2015/012/22/konsep-dan-penerapan-fungsi-fungsi-manajemen-pendidikan-di-lembaga-pendidikan/
Hujair A.H. Sanaky, Paradigma Pendidikan Islam: Membangun Masyarakat Madani Indonesia (Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2003).
Indah Komsiyah, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Teras, 2012).
L. Sisk, Principles of Management a System Appoach to The Management Proces, (Chicago: Publishing Company, 1969).
Lexy J. Moleong, Metodologi penelitian kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1995).
M. Ishom El-Saha, The Power Of Mahasantri Civilization: Melejitkan Daya Tawar Pesantren (Jakarta Pustaka Mutiara, 2008).
M. Yusuf Hamdani, Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren: Studi Kasus pada Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin di Krapyak Wetan Yogyakarta, Tesis (UIN Sunan Kali Jaga, Yogyakarta, 2009).
Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen; Dasar, Pengertian, dan Masalah, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007).
Mansur, Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstekstual, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2007),163.
Marwan Saridjo, Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa Tinjauan Kebijkan Publik Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia, (Bogor: Yayasan Ngali Aksara dan al Manar Press, 2011).
Matthew B. Miles and A. Micheal Huberman, Analisis Data Kualitatif, Terj. Tjetjep RohendiRohidi ( Jakarta: UI-Press, 1992).
Mohd. Rafi Riyawi, Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam, Tinjauan Manajemen Pendidikan, Tesis ( UIN Sultan Syarif Kasim Riau: pekanbaru,2010).
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia no. 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, 15.
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang standar proses.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kualitati, Kuantitatif, R &D) ( Jakarta: CV. Alfa Beta, 2008).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Pendekatan Peraktik, (Jakarta: Reineka Cipta karya, 1998).
Surachmad, W. 1982. PengantarPenelitian. (Bandung: Tarsito 2006).
Suryobroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009).
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta : Rineka Cipta, 2000).
Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2010).
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan.
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011).
Zulkarnain, Pembelajaran Fiqih Di Ma’had Aly Darul Hikmah Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lombok Barat NTB (Tesis, Universitas Muhammadiyah, Malang, 2007).
Diterbitkan
2018-02-26
Terbitan
Bagian
Articles
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).