Eksistensi Pendidikan Islam di Persimpangan Era Revolusi Industri 4.0

  • Ratu Nisa Shafira Hermawan UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Achmad Junaedi Sitika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • H. Ceceng Syarief Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Islamic Education, Revolutionary Era, Industry 4.0

Abstract

This paper seeks to promote the need for massive reform in the body of Islamic education. This reform is necessary for Islamic education to respond to the challenges and demands of the changing age. In addition, this paper also seeks to offer a solute offer to Islamic education in the face of the Industrial Revolution Era 4.0. As we all know, the era of 4.0 has a broad impact in all areas of life, not least in the field of education. The era that gave birth to this phenomenon disruption requires the Islamic education world to participate in adjusting. Islamic education graduates are now faced with new challenges, demands, and needs that have never existed before. So it is necessary to update and innovate the system, governance, curriculum, competence of human resources, facilities and infrastructure, culture, work ethic, and others. Otherwise, Islamic education will be increasingly lagging and obsolete. Therefore, it is necessary to find definite steps for Islamic education in order to remain competitive in this disruption era. Solutive step is to participate disruption themselves  

References

Al-Djamali, Moh. Fadhil. 1967. al-Tarbiyah al Insan al-jadid. Tunisia al-Syghly: Matba'ah Al-Ittihad Al-'Aam

Allam,Ahmad Khalid.(2005). Al-Qur’an Dalam Keseimbangan Alam dan Kehidupan.Depok : GEMA INSANI.

Al-Maragi,Ahmad Mustafa.(1974). Tafsir Al-Maragi juz XXVIII. Semarang : PT.Karya Toba Putra Semarang.

Arifi, Ahmad. 2010. Politik Pendidikan Islam Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras.

Arifin, Muhammad. 2003. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Bacaan Madani. (2018). Kandungan Surat Al-Alaq Ayat 1-5 Tentang Pentingnya Ilmu. https://www.bacaanmadani.com/2018/01/kandungan-surat-al-alaq-ayat-1-5.html?m=1 [Diakses pada 26 Mei 2019]

Barizi, Ahmad. (Ed). 2011. Pendidikan Integratif Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.

Bincang Syariah .(2018). Umat Beragama di Era Revolusi Industri 4.0. https://bincangsyariah.com/khazanah/umat-beragama-di-era-revolusi-industri-4-0/ [Diakses pada 21 Mei 2019]

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis dan Empirik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hamid, Edy Suandi. 2018. Disruptive Innovation : Manfaat Dan Kekurangan Dalam Konteks Pembangunan Ekonomi,https://law.uii.ac.id/wpcontent/uploads/2017/07/2017-07-27-fh-uii-semnas-disruptive-innovationmanfaat-dan-kekurangan-dalam-konteks-pembangunan-ekonomi-Edy-SuandiHamid.pdf, dikases 17 Juli 2018

Harun, Salman.(1999). Mutiara Al-Qur’an,Aktualisasi Pesan Al-Qur’an dalam Kehidupan. Jakarta: Logos

Hasbullah. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Edisi Revisi. Depok :Rajawali Press.

Kabar Banten.(2018). Pendidikan Islam di era revolusi industri 4.0. https://www.kabar-banten.com/pendidikan-islam-di-era-ri-4-0-bagian-i/ [Diakses pada 28 Mei 2019]

Kasali, R. (2017). Disruption "tak ada yang yang tak bisa di ubah sebelum dihadapi motivasi saja tiak cukup" menghadapi lawan-lawan tak kelihatan dalam peradaban uber. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kompas.com.(2019). Peluang dan Tantangan Industri E-Sport di Indonesia. https://tekno.kompas.com/read/2018/05/25/20170017/peluang-dan-tantangan-industri-e-sport-di-indonesia?page=all [Diakses pada 25 Mei 2019]

Kompasiana.com.(2018). Revolusi 4.0 dan tantangan generasi Qur’ani. https://www.kompasiana.com/ramdan69/5b0e73fef1334419f26fe6f2/revolusi-4-0-dan-tantangan-generasi-qur-ani?page=all [Diakses pada 28 Mei 2019]

Maarif, s. (2007). Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mubarak, A Zaki. Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Dan Problematika Pendidikan Tinggi.

RISTEKDIKTI.(2018). Era Revolusi Industri 4.0, saatnya generasi millennial menjadi dosen masa depan. https://www.sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/01/30/era-revolusi-industri-4-0-saatnya-generasi-millenial-menjadi-dosen-masa-depan/.

Rusman. (2008). Managemen Kurikulum; Seri Managemen Sekolah Bermutu. Program Studio Pengembangan Kurikulum. Sekolah Pascasarjana UPI.
Sentrifugal Media.(2018). Islam , Moral Teknologi dan Disrupsi Revolusi Industri4.0. https://www.sentrifugal.com/2018/04/10/Islam-moral-teknologi-dan-disrupsi-revolusi-industri-4-0/ [Diakses pada 21 Mei 2019]

Shihab,M. Quraisy.(1998). Membumikan Al-Qur’an, cet XVIII. Bandung: Mizan.

Shihab,M. Quraisy.(2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, kesan, dan keserasian,Al-Qur’an. Jakarta : Lentera Hati. Vol.15

Sudjana. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suwardana, Hendra. 2017. Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK. Vol.1, No.2, hh. 102-110

Syarifudin,Amir.(1987). Perspektif Islam dalam pembangunan Bangsa.Yogyakarta: Bidang Penerbitan PLP2M.hlm 242-259.

Zakimu.com.(2018). Islam di persimpangan Revolusi Industri 4.0. https://zakimu.com/Islam-di-persimpangan-revolusi-industri-4-0/ [Diakses pada 21 Mei 2019]
Published
2021-10-02
Section
Articles