EKSISTENSI PENDIDIKAN ISLAM DI PERSIMPANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • Ratu Nisa Shafira Hermawan UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Achmad Junaedi Sitika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • H. Ceceng Syarief Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Era Revolusi, Industri 4.0

Abstrak

Tulisan ini berupaya mendorong perlunya reformasi masif di tubuh pendidikan Islam. Reformasi ini diperlukan agar pendidikan Islam mampu menjawab tantangan dan tuntutan zaman yang terus mengalami perubahan. Selain itu, tulisan ini juga berupaya memberikan tawaran solutif kepada pendidikan Islam dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Sebagaimana dikertahui bersama, bahwa era 4.0 membawa dampak yang luas dalam segala lini kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Era yang melahirkan fenomena disruption ini menuntut dunia pendidikan Islam untuk turut menyesuaikan diri. Lulusan pendidikan Islam kini dihadapkan pada tantangan, tuntutan, dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan pembaruan dan inovasi terhadap sistem, tata kelola, kurikulum, kompetensi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, budaya, etos kerja, dan lain-lain. Jika tidak demikian, pendidikan Islam akan semakin tertinggal dan usang. Oleh karena itu, perlu dicari langkah-langkah kongkrit bagi pendidikan Islam agar mampu tetap bersaing di era disrupsi ini. Langkah solutifnya adalah dengan turut mendisrupsikan diri.

Referensi

Al-Djamali, Moh. Fadhil. 1967. al-Tarbiyah al Insan al-jadid. Tunisia al-Syghly: Matba'ah Al-Ittihad Al-'Aam

Allam,Ahmad Khalid.(2005). Al-Qur’an Dalam Keseimbangan Alam dan Kehidupan.Depok : GEMA INSANI.

Al-Maragi,Ahmad Mustafa.(1974). Tafsir Al-Maragi juz XXVIII. Semarang : PT.Karya Toba Putra Semarang.

Arifi, Ahmad. 2010. Politik Pendidikan Islam Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras.

Arifin, Muhammad. 2003. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Bacaan Madani. (2018). Kandungan Surat Al-Alaq Ayat 1-5 Tentang Pentingnya Ilmu. https://www.bacaanmadani.com/2018/01/kandungan-surat-al-alaq-ayat-1-5.html?m=1 [Diakses pada 26 Mei 2019]

Barizi, Ahmad. (Ed). 2011. Pendidikan Integratif Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.

Bincang Syariah .(2018). Umat Beragama di Era Revolusi Industri 4.0. https://bincangsyariah.com/khazanah/umat-beragama-di-era-revolusi-industri-4-0/ [Diakses pada 21 Mei 2019]

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis dan Empirik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hamid, Edy Suandi. 2018. Disruptive Innovation : Manfaat Dan Kekurangan Dalam Konteks Pembangunan Ekonomi,https://law.uii.ac.id/wpcontent/uploads/2017/07/2017-07-27-fh-uii-semnas-disruptive-innovationmanfaat-dan-kekurangan-dalam-konteks-pembangunan-ekonomi-Edy-SuandiHamid.pdf, dikases 17 Juli 2018

Harun, Salman.(1999). Mutiara Al-Qur’an,Aktualisasi Pesan Al-Qur’an dalam Kehidupan. Jakarta: Logos

Hasbullah. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Edisi Revisi. Depok :Rajawali Press.

Kabar Banten.(2018). Pendidikan Islam di era revolusi industri 4.0. https://www.kabar-banten.com/pendidikan-islam-di-era-ri-4-0-bagian-i/ [Diakses pada 28 Mei 2019]

Kasali, R. (2017). Disruption "tak ada yang yang tak bisa di ubah sebelum dihadapi motivasi saja tiak cukup" menghadapi lawan-lawan tak kelihatan dalam peradaban uber. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kompas.com.(2019). Peluang dan Tantangan Industri E-Sport di Indonesia. https://tekno.kompas.com/read/2018/05/25/20170017/peluang-dan-tantangan-industri-e-sport-di-indonesia?page=all [Diakses pada 25 Mei 2019]

Kompasiana.com.(2018). Revolusi 4.0 dan tantangan generasi Qur’ani. https://www.kompasiana.com/ramdan69/5b0e73fef1334419f26fe6f2/revolusi-4-0-dan-tantangan-generasi-qur-ani?page=all [Diakses pada 28 Mei 2019]

Maarif, s. (2007). Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mubarak, A Zaki. Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Dan Problematika Pendidikan Tinggi.

RISTEKDIKTI.(2018). Era Revolusi Industri 4.0, saatnya generasi millennial menjadi dosen masa depan. https://www.sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/01/30/era-revolusi-industri-4-0-saatnya-generasi-millenial-menjadi-dosen-masa-depan/.

Rusman. (2008). Managemen Kurikulum; Seri Managemen Sekolah Bermutu. Program Studio Pengembangan Kurikulum. Sekolah Pascasarjana UPI.
Sentrifugal Media.(2018). Islam , Moral Teknologi dan Disrupsi Revolusi Industri4.0. https://www.sentrifugal.com/2018/04/10/Islam-moral-teknologi-dan-disrupsi-revolusi-industri-4-0/ [Diakses pada 21 Mei 2019]

Shihab,M. Quraisy.(1998). Membumikan Al-Qur’an, cet XVIII. Bandung: Mizan.

Shihab,M. Quraisy.(2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, kesan, dan keserasian,Al-Qur’an. Jakarta : Lentera Hati. Vol.15

Sudjana. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suwardana, Hendra. 2017. Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK. Vol.1, No.2, hh. 102-110

Syarifudin,Amir.(1987). Perspektif Islam dalam pembangunan Bangsa.Yogyakarta: Bidang Penerbitan PLP2M.hlm 242-259.

Zakimu.com.(2018). Islam di persimpangan Revolusi Industri 4.0. https://zakimu.com/Islam-di-persimpangan-revolusi-industri-4-0/ [Diakses pada 21 Mei 2019]
Diterbitkan
2021-10-02
Bagian
Articles