Pengaruh Konsep Diri dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar PAI-BP Siswa Kelas VIII SMP N 2 Juwana Pati
Keywords:
Multiple Linear Regression, Self-Concept, Interpersonal Communication, Learning Outcomes
Abstract
This study discussed the influence of self-concept and interpersonal communication on the learning outcomes of Islamic Religious Education and Characteristics (PAI-BP) of 8thclass students of SMP N 2 Juwana. The purpose of this study was to examine the effect of self-concept and interpersonal communication on learning outcomes of PAI-BP. This research is a quantitative study using multiple linear regression analysis. The Data was collected by using simple random sampling survey with the sample 152 and population 245 students of 8th class. The data collection technique was questionnaire method and a written test. The results of multiple linear regression analysis show that there was a significant influence between self-concept and interpersonal communication on the learning outcomes of PAI-BP and the coefficient of determination was 0.625. The coefficient of determination showed that the regression model represented 62,5% of data variance, and 37.5% was represented by other variables outside the regression model.References
Ali Nurhadi dan Fitrotun Niswah, “Penerapan Komunikasi Interpersonal Tenaga Pendidik Dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa Di MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Larangan Pamekasanâ€, Jurnal Al-Fikrah, (Vol. 2, No. 1, tahun 2019), hlm. 1-20.
Anastasya Gesya Situmorang, dkk, “Hubungan antara Konsep Diri dengan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasarâ€, Jurnal Basicedu, (Vol. 4, No. 4, tahun 2020), hlm. 1358-1362.
Andri Lesmana, “Hubungan Kecerdasan Logis Matematis dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika SMP School of Universeâ€, Jurnal Teknologi Pendidikan, (Vol. 8, No. 1, tahun 2019), hlm. 9-23.
Annisa Juliyanti dan Heni Pujiastuti, “Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswaâ€, Jurnal Prima, (Vol. 4, No. 2, tahun 2020, hlm. 75-83.
Husnal Hafizah dan Ambiyar, “Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Simulasi Komunikasi dan Digital Siswaâ€, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, (Vol. 5, No. 1, tahun 2021), hlm. 49-55.
Lucky Adelia, dkk, “Profil Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar Siswaâ€, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, (Vol. 4, No. 1, tahun 2021), hlm. 26-31.
P. Gunawan, dkk. “Kontribusi Konsep Diri, Disiplin Belajar, dan Ekspektasi Karir terhadap Hasil Belajar IPSâ€, Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, (Vol. 5, No. 2, tahun 2021), hlm. 66-76.
Ricardo dan Rini Intansari Meilani, “Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswaâ€, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, (Vol. 2, No. 2, tahun 2017), hlm. 188-201.
Sapril, “Komunikasi Interpersonal Pustakawanâ€,…, hlm. 6-11
Suranto Aw, Komunikasi Interpersonal,…, hlm. 82.- 84
Widya Kartika Sari, dkk, “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Remaja Panti Asuhan dan Implikasinya Dalam Bimbingan dan Konselingâ€, Jurnal Bikotetik, (Vol. 03, No. 02, tahun 2019), hlm. 40-85.
Wike Karisma, dkk, “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA N 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agamâ€, Jurnal Wahana Konseling, (Vol. 4, No. 2, tahun 2021), hlm, 172-185.
Anastasya Gesya Situmorang, dkk, “Hubungan antara Konsep Diri dengan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasarâ€, Jurnal Basicedu, (Vol. 4, No. 4, tahun 2020), hlm. 1358-1362.
Andri Lesmana, “Hubungan Kecerdasan Logis Matematis dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika SMP School of Universeâ€, Jurnal Teknologi Pendidikan, (Vol. 8, No. 1, tahun 2019), hlm. 9-23.
Annisa Juliyanti dan Heni Pujiastuti, “Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswaâ€, Jurnal Prima, (Vol. 4, No. 2, tahun 2020, hlm. 75-83.
Husnal Hafizah dan Ambiyar, “Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Simulasi Komunikasi dan Digital Siswaâ€, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, (Vol. 5, No. 1, tahun 2021), hlm. 49-55.
Lucky Adelia, dkk, “Profil Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar Siswaâ€, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, (Vol. 4, No. 1, tahun 2021), hlm. 26-31.
P. Gunawan, dkk. “Kontribusi Konsep Diri, Disiplin Belajar, dan Ekspektasi Karir terhadap Hasil Belajar IPSâ€, Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, (Vol. 5, No. 2, tahun 2021), hlm. 66-76.
Ricardo dan Rini Intansari Meilani, “Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswaâ€, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, (Vol. 2, No. 2, tahun 2017), hlm. 188-201.
Sapril, “Komunikasi Interpersonal Pustakawanâ€,…, hlm. 6-11
Suranto Aw, Komunikasi Interpersonal,…, hlm. 82.- 84
Widya Kartika Sari, dkk, “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Remaja Panti Asuhan dan Implikasinya Dalam Bimbingan dan Konselingâ€, Jurnal Bikotetik, (Vol. 03, No. 02, tahun 2019), hlm. 40-85.
Wike Karisma, dkk, “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA N 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agamâ€, Jurnal Wahana Konseling, (Vol. 4, No. 2, tahun 2021), hlm, 172-185.