Pengaruh Konsep Diri dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar PAI-BP Siswa Kelas VIII SMP N 2 Juwana Pati

  • Dwi Yunitasari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Dayyu Ariana Santoso Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Karnadi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Kata Kunci: Regresi Linier Berganda, Konsep diri, Komunikasi interpersonal, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini membahas pengaruh konsep diri dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) siswa kelas VIII SMP N 2 Juwana. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji pengaruh konsep diri dan komunikasi interpersonal  terhadap hasil belajar PAI-BP. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan analisis statistik regresi linear berganda. Data dikumpulkan menggunakan metode survey simple random sampling dengan sampel berjumlah 152 dan populasi berjumlah 245 siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan datanya adalah metode angket dan tes tulis. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar PAI-BP dengan nilai nilai Koefisien determinasi sebesar 0,625. Nilai koefisien determinasi menunjunkkan bahwa 62,5%  keragaman data diwakili oleh model regresi sedangkan 37,5% sisanya diwakili oleh variabel lain di luar model regresi.

Referensi

Ali Nurhadi dan Fitrotun Niswah, “Penerapan Komunikasi Interpersonal Tenaga Pendidik Dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa Di MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Larangan Pamekasan”, Jurnal Al-Fikrah, (Vol. 2, No. 1, tahun 2019), hlm. 1-20.
Anastasya Gesya Situmorang, dkk, “Hubungan antara Konsep Diri dengan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, (Vol. 4, No. 4, tahun 2020), hlm. 1358-1362.
Andri Lesmana, “Hubungan Kecerdasan Logis Matematis dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika SMP School of Universe”, Jurnal Teknologi Pendidikan, (Vol. 8, No. 1, tahun 2019), hlm. 9-23.
Annisa Juliyanti dan Heni Pujiastuti, “Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”, Jurnal Prima, (Vol. 4, No. 2, tahun 2020, hlm. 75-83.
Husnal Hafizah dan Ambiyar, “Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Simulasi Komunikasi dan Digital Siswa”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, (Vol. 5, No. 1, tahun 2021), hlm. 49-55.
Lucky Adelia, dkk, “Profil Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, (Vol. 4, No. 1, tahun 2021), hlm. 26-31.
P. Gunawan, dkk. “Kontribusi Konsep Diri, Disiplin Belajar, dan Ekspektasi Karir terhadap Hasil Belajar IPS”, Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, (Vol. 5, No. 2, tahun 2021), hlm. 66-76.
Ricardo dan Rini Intansari Meilani, “Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, (Vol. 2, No. 2, tahun 2017), hlm. 188-201.
Sapril, “Komunikasi Interpersonal Pustakawan”,…, hlm. 6-11
Suranto Aw, Komunikasi Interpersonal,…, hlm. 82.- 84
Widya Kartika Sari, dkk, “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Remaja Panti Asuhan dan Implikasinya Dalam Bimbingan dan Konseling”, Jurnal Bikotetik, (Vol. 03, No. 02, tahun 2019), hlm. 40-85.
Wike Karisma, dkk, “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA N 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam”, Jurnal Wahana Konseling, (Vol. 4, No. 2, tahun 2021), hlm, 172-185.
Diterbitkan
2022-09-29
Bagian
Articles