Konsep Pendidikan dalam Al-Qur'an
Abstrak
Al-Qur’an bukanlah ilmu melainkan kitab suci yang utama dan pertama serta pedoman hidup bagi umat Islam dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Sebagai kitab suci, Al-Qur’an mengajarkan berbagai ajaran yang berkaitan dengan moral, politik, hukum, ekonomi, sosial, sejarah, kebudayaan, teologi, tasawuf, pendidikan, dan lain-lain.Terkait dengan bidang pendidikan, ternyata di dalam Al-Qur’an hanya sedikit yang membahasnya. Namun demikian, meski ayat-ayat tentang pendidikan amat kecil dan terbatas, tapi ia membawa pedoman-pedoman dasar yang perlu dan wajib dipegang dalam mengatur pelaksanaan pendidikan umat.Referensi
Harun Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jakarta: UI Press, 1978
Abd. Rahman Salih Abdullah,Educational Theory: AQur’anic Outlook, Mekkah: Ummul Qurra University, tt
Abuddin Nata (ed), Tema-tema Pokok Al-Qur’an, Jakarta: Biro Bintal DKI, 1993
M. Quraish Shihab, Membumikan al- Qur’an, Bandung: Mizan, 1992
M. Natsir, Capita Selecta, Jakarta: Bulan Bintang, 1973
Mohd.Athiyah al-Abrasyi, Dasardasar Pokok Pendidikan Islam, terj. H. Bustami A. Gani dan Johar Bahry, Jakarta: Bulan Bintang, 1970
Hasan Langgulung, Asas-asasPendidikan Islam, Jakarta:Pustaka al-Husna, 1987
Muhammad Nur Abd.Hafizh, Manhaj al-Tarbiyah al-Nabawiyah li al- Thifli, terj. Kuswandani, dkk., Bandung: al-Bayan, 1977
Mahmud Yunus, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Jakarta: al-Hidayah, 1968
Muhammad Quthb, Sistem Pendidikan Islam, terj. Salman Harun, Bandung: al-Ma’arif, 1984
Kuntowijoyo, Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi, Bandung: Mizan, 1991
Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma’arif, 1980
M. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1986
M. Arifin, Pengantar Administrasi dan Supervisi Pendidikan, 1972
Dr. Abd. Wahid Hasyim, MA. KetuaProgram Magister Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Universitas Is lam “45†Bekasi
Abd. Rahman Salih Abdullah,Educational Theory: AQur’anic Outlook, Mekkah: Ummul Qurra University, tt
Abuddin Nata (ed), Tema-tema Pokok Al-Qur’an, Jakarta: Biro Bintal DKI, 1993
M. Quraish Shihab, Membumikan al- Qur’an, Bandung: Mizan, 1992
M. Natsir, Capita Selecta, Jakarta: Bulan Bintang, 1973
Mohd.Athiyah al-Abrasyi, Dasardasar Pokok Pendidikan Islam, terj. H. Bustami A. Gani dan Johar Bahry, Jakarta: Bulan Bintang, 1970
Hasan Langgulung, Asas-asasPendidikan Islam, Jakarta:Pustaka al-Husna, 1987
Muhammad Nur Abd.Hafizh, Manhaj al-Tarbiyah al-Nabawiyah li al- Thifli, terj. Kuswandani, dkk., Bandung: al-Bayan, 1977
Mahmud Yunus, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Jakarta: al-Hidayah, 1968
Muhammad Quthb, Sistem Pendidikan Islam, terj. Salman Harun, Bandung: al-Ma’arif, 1984
Kuntowijoyo, Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi, Bandung: Mizan, 1991
Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma’arif, 1980
M. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1986
M. Arifin, Pengantar Administrasi dan Supervisi Pendidikan, 1972
Dr. Abd. Wahid Hasyim, MA. KetuaProgram Magister Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Universitas Is lam “45†Bekasi