Implementasi Pendekatan Santifik Upaya Membangun Sikap Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak (Di Mts Sudirman Jimbaran, Semarang)

  • Nur Kholik Nur Kholik Dosen tetap STEBI Lampung
Kata Kunci: Kata kunci: Implementasi, Pendekatan Saintifik, dan Pembelajaran Akidah Akhlak.

Abstrak

Abstrak Selalu terlambat dalam merespon perubahan yang terjadi dimasyarakat sehingga memunculkan beberapa faktor kesenjangan baik itu kesenjangan kemajuan teknologi informasi, maupun kemampuan berfikir kritis dan jernih. Maka dalam mengungkap dan mengembangkan sikap kritis peserta didik diperlukan metode pendekatan yang sesuai. Melalui penelitian lapangan ini dengan jenis penelitian analisis deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif (qualitatif research), dengan pendekatan fenomenologi, sumber data penelitian meliputi pendidik dan peserta didik di Mts Sudirman Jimbaran, Bandungan, Semarang. Kemudian data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik terdapat dua tahap yaitu; pertama, tahap perencanaan diantaranya: menyiapkan RPP, menyiapkan sumber belajar serta menyiapkan media pembelajaran. Kedua, tahap pelaksanaan yang terdiri dari lima langkah diantaranya mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Sedangkan sikap kritis yang terlihat dari peserta didik yaitu peserta didik mampu mengungkapkan ide dan pemikiran yang orisinil dengan cara mengumpulkan dan mengolah informasi lalu mengungkapkanya dalam forum diskusi atau pembelajaran.  

Referensi

DAFTAR PUSTAKA


Abidin, Yunus, 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013, Bandung: Refika Aditama.

Ahmad, Zainal Abidin, 1970. Memperkembang dan Mempertahankan Pendidikan Islam di Indonesia, cet. Ke.I, Jakarta: PT. Bulan Bintang.

Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Arif, Mahmud, Gerak Statis Praxis Pendidikan Islam Eksposisi Para Tokoh dan Refleksi Epistemologi, Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, UIN SUKA, Vol II, No. I.

Egok, Asep Sukenda, 2016. Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika, Jurnal Pendidikan Dasar Volume 7 Edisi 2 Desember.

Huberman, Mathew Miles Michael., Johnnny Saldana, 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, Edisi Ketiga, America: Sage Publications, Inc.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Kurikulum 2013 Sekolah Dasar; panduan Teknis Pembelajaran TematikTerpadu dengan Pendekatan Saintifik.

Margono, S., 2010, Metodologi Penelitian Tindakan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sujana, Nana, 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabet.

, 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Desain Dalam Penelitian Kualitatif, (Surabaya: Puslit IKIP Surabaya.

Surya, Hendra, 2011. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar, (Jakarta: Elek Media Komputindo.

Tilaar, H.A.R., 2003. Kekuasaan dan Pendidikan, Magelang: Indonesiatera.
Diterbitkan
2019-09-08
Bagian
Articles