Kiprah Pesantren dalam Sistem Pendidikan Nasional

Studi kasus di Darut Tauhid Bandung

  • Sitti Chadidjah Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Andewi Suhartini UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Nurwadja Ahmad EQ
Kata Kunci: Key word: pesantren, kewirausahaan, pendidikan

Abstrak

Pesantren mengalami perubahan peran  semula Ada tiga peran pesantren (1) Sebagai pusat berlangsungya transmisi ilmu-ilmu keislaman tradisional (transmission of Islamic knowledge). (2) Sebagai penjaga dan pemelihara berlangsungnya Islam tradisional (maintenance of Islamic traditional, (3) Sebagai pusat reproduksi ulama (reproduction of ulama), menyongsong era 4.0 terjadi perubahan budaya dimasyarakat, peran pesantren bertambah yaitu sebagai pusat ekonomi santri dan masyarakat sekitar. Dari sinilah lahir pesantren kewirausahaan. Darut Tauhid lahir berdasarkan konsep kewirausahaan Islami, resmi berakta notaris tahun 1990. Kiprah Darut Tauhid dalam sistem pendidikan nasional, sesuai dengan slogannya menciptakan santri yang ahli zikir, ahli fikir dan ahli ikhtiar. Kurun waktu 15 tahun terakhir Darut Tauhid telah mendirikan 6 lembaga pendidikan TK, SD, SMP, SMA, SMK, STAI Darut Tauhid. Kemudian pesantren yang menjadi inti dari pesantren mempunyai tiga unit pembelajaran yaitu unit Darut Tarbiyah, Unit Baitul Quran dan Dakwah Digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Objek penelitian ini, peran  Darut Tauhid di bidang pendidikan baik pesantren..  

Referensi

Abdul Basith. (2015). Enterpreneurship Education Practice for Womens Empowerment at Kanigoro Pagelaran Malang (Reflection Report Handmade Participatory Action Research. 2-3 Desember, 535.
Anam, S. (2016). Pesantren Entrepreneur Dan Analisis Kurikulum Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo Dalam Pengembangan Dunia Usaha. Marâji`: Jurnal Ilmu Keislaman.
Bani, S. (2015). Kontribusi Pesantren Dalam Sistem Pendidikan Nasional. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan , Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif.
Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Creswell, J. W. J. W., Ssp, N., Cameron, R., Mixed, C., Sig, M., Wongkraso, P., Sitti, S., Piyakun, A., Creswell, & Creswell, J. W. J. W. (2014). Methods Design. In Choosing a Mixed Methods Design. https://doi.org/10.5897/ERR2015.2117
Haidar Putra Daulay. (2004). Pendidikan Islam, Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Prenada Media.
Mubarok, Y. & D. H. (2014). Analisis Deskriptif Ptogram MQTV Sebagai Media Dakwah. Jurnal, Universitas BSI.
Muchtar, A. (2001). Arah Baru Pendidkan Islam di Indonesia. Logos Wacana Ilmu.
Neuman, W. L. (2013). Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indeks.
Islam Kerakyatan Islam Indonesia, (1993) (testimony of Nurcholish Madjid).
Saifuddin, A. (2016). EKSISTENSI KURIKULUM PESANTREN DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies). https://doi.org/10.15642/pai.2015.3.1.207-234
Sitti Chadidjah, A. S. B. (2020). Inovasi Kurikulum Enterprenership Sebagai Upaya Memandirikan Santri Secara Ekonomi (Santripreuner) di Pesantren Al-Ittifaq Bandung. Ijtimaiyyah, 13(education), 22.
Suardi Wekke, I. (2012). PESANTREN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM KEWIRAUSAHAAN: Kajian Pesantren Roudahtul Khuffadz Sorong Papua Barat. INFERENSI. https://doi.org/10.18326/infsl3.v6i2.205-226
TAFSIR, A. (2007). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. In PT Remaja Rosdakarya. https://doi.org/10.1002/bit.260460310
U. Maman & Amri Jahi. (2009). Kompetensi Wirausaha Santri Di Beberapa Pesantren Di Jawa Barat dan Banten. Jurnal Penyuluhan, 5 number 1, 27.
Zaini, A. W. (1994). Dunia Pemikiran Kaum Santri. LKPSM.
Zamakhsyari Dhofir. (1994). Tradisi Pesantren. LP3S.

Sumber: https://www.radartasikmalaya.com/500-pesantren-se-jabar-sepakati-serikat-ekonomi/
Artikel ini telah terbit di radartasikmalaya.com
https://bandung.bisnis.com/read/20191212/549/1180691/1.074-pesantren-di-jabar-bakal-ikuti-gelar-produk-opop
https://jabarekspres.com/2019/wirausaha-pesantren-jadi-pusat-perhatian-perusahaan-dunia/
https://kalam.sindonews.com/read/43045/71/pesantren-modern-berciri-khas-wirausaha-penopang-kemandirian-1590185101
https://kalam.sindonews.com/read/43045/71/pesantren-modern-berciri-khas-wirausaha-penopang-kemandirian-1590185
https://www.radartasikmalaya.com/500-pesantren-se-jabar-sepakati-serikat-ekonomi/
Sumber: https://www.radartasikmalaya.com/500-pesantren-se-jabar-sepakati-serikat-ekonomi/
Neuman, W L, ‘Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Edisi Ketujuh’, Jakarta: PT. Indeks, 2013
Creswell, John W, Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Riset Kualitatif Dan Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015
Diterbitkan
2021-04-21
Bagian
Articles