Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru (Studi Kasus Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Wathan Samawa Sumbawa Besar

  • Abdul Haris STAI NW Samawa Sumbawa Besar

Abstrak

Salah satu bukti otentik dari keberhasilan sebuah perguruan tinggi dapat dilihat dari jumlah mahasiswanya, jika perguruan tinggi tersebut memiliki banyak mahasiswa maka dapat dikatakan perguruan tinggi tersebut telah berhasil, demikian halnya dengan perguruan tinggi keagamaan Islam seperti Sekolah Tinggi Nahdlatul Wathan Samawa. Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Wathan Samawa adalah satu-satunya perguruan tinggi keagamaan Islam yang ada di Sumbawa. Penelitian ini dilakukan yang Pertama untuk dapat mengetahui bagaimana strategi pemasaran STAI Nahdlatul Wathan Samawa dalam meningkatkan jumlah mahasiswa baru, Kedua bagaimana dampak strategi pemasaran STAI Nahdlatul Wathan Samawa Sumbawa Besar dalam meningkatkan jumlah mahasiswa baru, dan yang Ketiga apakah kendala dan solusi strategi pemasaran STAI NW Samawa Sumbawa Besar dalam meningkatkan jumlah mahasiswa baru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan pencarian data menggunakan tekhnik obeservasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa STAI Nahdlatul Wathan Samawa melakukan sosialisai atau pemasaran dengan cara turun ke sekolah-sekolah untuk memperkenalkan program studi-program yang ada di STAI Nahdlatul Wathan Samawa, selain itu juga STAI Nahdlatul Wathan Samawa melakukan sosialisasi dengan menyebar brosur, baik secara manual maupun melalui sosial media dengan melibatkan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, para dosen dan mahasiswa. Kendala yang ditemui dalam memasarkan atau memperkenalkan program studi-program studi yang ada di STAI Nahdlatul wathan seperti yang dijelaskan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru adalah masih kurangnya minat masyarakat Sumbawa untuk menuntut ilmu agama.

Referensi

Al- Albani & Muhammad Nashiruddin. 2007. Shahih Sunan Ibnu Majah Buku 2. Jakarta: Pustaka Azzam
Alma, Buchori. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfa Beta
Anwar Dkk. 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabet
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Asmaniah Yuniati. 2007. Bauran Promosi dalam Perspektif Islam, Skripsi Fakultas Ekonomi, Malang: UIN Malang
Departemen Agama RI. 2019. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Gema Risalah Press
Deni Irwansyah. 2014. Strategi Pemasaran Bank Muamalat Cabang Palangka Raya Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar, skripsi, Palangka Raya : STAIN
Dwi Nur Rochman. 2017. Strategi Pemasaran Institut Agama Islam Palangka Raya Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa, skripsi, Palangka Raya:IAN.
Hasan, Ali. 2010. Marketing dan Bank Syariah, Bogor: Ghalia Indonesia.
HeryatiYeti & Muhsin Mumuh. Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia,2014.
Kotler, Armstrong. 2015. Dasar-dasar Pemasaran, Terj. Alexander Sindoro, Jakarta:Prenhallindo.
Kriyantono, Rahmat. 2008.Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : PT. Kencana Perdana.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manjemen Pemasaran jasa, Jakarta : Salemba Empat
Moleong. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhaimin 2011 Pengembangan Kurikulum Pendidika Agama Islam Di Sekolah, Madrasah, Dan Perguruan Tinggi . Jakarta: Rajawali Pers
Sofjan Assauri. 2011. Manajemen Pemasaran. RajaGrafindo: Depok
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Swastha Dharmasetha Basu dkk. 2002. Manajemen Pemasaran Modern , Edisi kedua Yogyakarta: Liberty
Syafarudin. 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Cip
Tjiptono & Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi Widyaningrum,
Afrita W. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen pada Laboratorium Trans Indo Medical Nganjuk. Jur nal Ilmu & Riset Manajemen. Vol. 4, No. 2.
Diterbitkan
2021-07-03
Bagian
Articles