Implementasi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Empang

  • Ida Aulia Mawaddah STAI NW Samawa

Abstrak

  ABSTRAK Penelitian tentang Implementasi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Empang didasari oleh maraknya terjadi kemerosotan moral dan karakter di kalangan remaja yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Dasar tersebutlah yang menjadi tantangan terbesar bagi guru-guru terkhusus guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk dan mananamkan karakter yang baik dalam diri anak. Dalam implementasinya pendidikan holistik terbilang jarang digunakan oleh guru karena kurangnya kemampuan dalam menusun rencana pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Empang, untuk mengetahui implikasi pendidikan holistik terhadap karakter siswa, dan untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat serta solusi implementasi pendidikan holistik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitina lapangan dengan metode atau pendekatan kualitatif deskriptif, dengan prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara (terstruktut) dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter tercapai disebabkan oleh keterampilan guru PAI dalam menyusun komponen-komponen pembelajaran yaitu tujuan, metode, media yang disesuaikan denga nisi materi dan kesemuanya dituangkakn dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tujuan dari disusunnya komponen-komponen pembelajaran tidak lain agar siswa aktif dan memahami pembelajaran.   Kata Kunci: Pendidikah Holistik, Pendidikan Karakter, PAI

Referensi

Ainur Rafiq dan M Farid A s Siddik, (September 2019). Pembinaan Karakter Dalam Pendidikan Islam Holistik Berbasis Karakter, Ilmuna, Vol. 1, No. 2,.
Azyumardi Azra, (2014). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, cet. 2. Jakarta: Kencana,.
BPS dan UNICEF, 2015
Diyah Ningrum, (2015) “Kemerosotan Moral di Kalangan Remaja: Sebuah Penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab,” UNISIA 37, no. 82.
Hadi Masruri, (2009). Pendidikan Menurut Ibnu Thufail (Perspektif Teori Taksonomi Bloom) Malang: UIN Malang.
Kabar Sumbawa (2019). Pesta Miras Enam Remaja Diamankan Babinsa dan Babinkamtibmas Leseng.
Ketut Kemahyasa, “Pembelajaran Holistik”, a Jurney of me, diakses dari http://ktkyasa.blogspot.co.id/2011/10/pembelajaran-holistik.html pada tanggal 21 Oktober 2015 pukul 21.40.
Kristi Wardani, (2010). “Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara,” Proceedings of the 4th international conference on teacher education: Join Conference UPI and USPI, Bandung.
Ramayulis,(2011). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Siti Zubaidah, (2016). Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Dalam Kurkulum 2013, Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 10, no. 1.
Sugiono, (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wiyani dan Barnawi, (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Zainal Arifin Ahmad, Pola Pembelajaran Agama Islam di Madrasah Dalam Perspektif Pendidikan Holistik (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Sleman Yogyakarta), UIN Sunan Kalijaga.
Zakiah Darajat, (2001) Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Diterbitkan
2021-11-20
Bagian
Articles