Pengembangan Kurikulim PAI Model Kurikulum 2013

  • Deni Irawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ilham Putri Handayani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Kata Kunci: Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, PAI dan Budi Pekerti, Model Kurikulum 2013

Abstrak

Abstrak: Krisis moral yang terjadi akhir-akhir ini disebabkan karena kurikulum sebelumnya seperti kurikulum KTSP masih berpatokan pada transfer Knowledge atau aspek kognitif, sehingga diperlukanlah kurikulum yang mampu mengatasi problema tersebut. Kurikulum yang dimaksud adalah kurikulum pendidikan agama Islam model kurikulum 2013 yang lebih dikenal dengan PAI dan budi pekerti. Tujuan dari penulisan ini adalah mengkaji pengembangan PAI model kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum PAI dan budi pekerti mengkaji 5 komponen diantaranya: 1) tujuan kurikulum PAI dan budi pekerti menekankan kepada pembentukan peserta didik yang berkarakter dan taat pada agama. 2) materi pada kurikulum tersebut mengembangkan 3 ranah yaitu ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. 3) strategi/metode hendaknya menggunakan pendekatan kurikulum saintifik. 4) organisasi kurikulum yang dikembangkan adalah model kurikulum terpadu. 5) kegiatan evaluasi mencangkup 3 ranah.

Referensi

Aisyah, Siti. “Pengembangan Kurikulum 2013 Sebagai Pembentuk Karakter Akhlakul Karimah.” Jurnal Ansiru PAI 4, no. 1 (2020): 78–93. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/qnsiru.v4i1.8097.
Alhamuddin. “Sejarah Kurikulum Di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum).” Jurnal Nur El-Islam 1, no. 2 (2014): 48–58.
Arief, Armai. Pengantar Ilmu Pendidikan Dan Metodoologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Baharun, Hasan. Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan & Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum PAI. 2017th ed. Yogyakarta: Pustaka Nurja, 2017.
Bahri, Syamsul. “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya.” Jurnal Ilmiah: Islam Futura 9, no. 1 (2011): 15–34. https://doi.org/http:dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61.
Fahrudin, Hasan Asari, and Siti Halimah. “Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa.” Edu Riligia : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 1, no. 4 (2017): 516–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i4.1072.
Hamdan. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori Dan Praktik. Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2014.
Harahap, Nursapia. “Penelitian Kepustakaan.” Iqra’ 08, no. 01 (2014): 68.
Hidayat, Ahmad Wahyu. “Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SDN Demangan Yogyakarta.” Tarbiyatuna 9, no. 2 (2018): 82–98. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v9i2.2268.
———. “Studi Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Model Kurikulum 2013.” Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 6, no. 2 (2020): 172–88. https://doi.org/https://doi.org/10.53627/jam.v6i2.3792.
Hidayati, Hj. Titiek Rohanah. “Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 4 Jember.” Fenomena 14, no. 1 (2015): 1–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35719/feno.v14i1.178.
Humaedi, and Rudi Hartono. “Kebijakan Pendidikan Islam Di Indonesia 1950-2013 (Analistis Alokasi Waktu Pelajaran PAI Pada Sekolah Umum).” Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 8, no. 01 (2021): 317–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/geneologipai.v8i1.4724.
Humairah, Aliva, Br Ginting, and Andi Prastowo. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Berbasis Riset Di Yayasan Madrasah Pendidikan Islam ( YMPI ) Tanjung Balai.” PEMA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat I, no. 1 (2021): 44–52.
Hutomo, Ghamal Sholeh, and Tasman Hamami. “Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum PAI.” Jurnal At-Tafkir 13, no. 2 (2020): 143–52. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/at.v13i2.1624.
Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum : Teori Dan Praktik. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada, 2014.
Irsad, Muhammad. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah (Studi Atas Pemikiran Muhaimin).” Iqra’ 2, no. 1 (2016): 253.
Khasanah, RR. Ninik Barokatul, and Hendro Widodo. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Model Kurikulum 2013 Di SD Muhammadiyah Yogyakarta.” Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman 09, no. 01 (2019): 64–76. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.1450.
Lestari, Rani, and Suyadi. “High Order Thingking Skills (HOTS) Dalam Pendidikan Agama Islam Berbasis Neurosains.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7, no. 1 (2021): 64.
Madrasah, Direktorat KSKK, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, and Kementrian Agama Republik Indonesia. “Keputusan Menteri Agama No 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab Pada Madrasah,” 2019.
Mansyur, Agus Salim. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter: Konsepsi Dan Implementasinya.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 1, no. 1 (2007): 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jp.v1i1.6.
Sunandar, Dikdik. “Pendidikan Agama Islam Dalama Kurikulum Nasional.” Jurnal Al-Amar 2, no. 1 (2021): 1–21.
Suprapto. “Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 18, no. 3 (2020): 355–68. https://doi.org/https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.750.
Tafsir, Ahmad. Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2013), Hlm. 83. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Umami, Muzlikhatun. “Muzlikhatun Umami, ‘Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Kurikulum 2013’, Jurnal Kependidikan, Vol 6(2) November 2018, Hlm. 230.” Jurnal Kependidikan 6, no. 2 (2018): 230.
Diterbitkan
2022-09-04
Bagian
Articles